9 Suara Anak Jawa Timur Jadi PR Gubernur

Gresik – Anak – anak dalam Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Jawa Timur yang diselenggarakan di Wisata Selo Tirta Giri (Setigi) Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik mengungkapkan 9 suara mereka. Suara anak ini pun dijadikan PR oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Sharim Dezhneva Denalis yang mewakili Suara Anak Jawa Timur 2020 membacakan bahwa penetapan atas Suara Anak Indonesia Tahun 2020 dengan memperhatikan prinsip- prinsip penyusunan SuaraAnak Indonesia yang independen, representatif, inklusif, dan fleksibel. Hasil penetapan Suara Anak Jawa Timur Tahun 2020.

Dia menyampaikan sembilan Suara Anak tersebut adalah 1) Pemerintah bersama Forum Anak lebih mengoptimalkan edukasi baik kepada orang tua maupun anak mengenai Kartu Identitas Anak tentang fungsi maupun proses pembuatannya.

2). Menyarankan kepada Pemerintah khususnya kepada dinas yang terkait untuk memberikan fasilitas yang layak serta mengoptimalkan dukungan pendanaan untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak secara inerata di wilayah Jawa Timur.

3). Menyarankan kepada pemerintah untuk memastikan Kartu Indonesia Pintar, tepat sasaran dan menjaring murid-murid dari golongan ekonoini menengah kebawah. 4). Menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan pemerataan fasilitas umum baik dari fasilitas kesenian, ruang bermain, dan pusat olahraga yang ramah anak khususnya Anak Berkebutuhan Khusus.

Baca Juga :  Tersisa 4 Daerah, 34 Kabupaten/Kota di Jatim Masuk Level 1

5). Pemerintah bersama dengan Forum Anak memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya orang tua dan anak mengenai penguatan pendidikan moral serta mengoptimalkan penggunaan internet sehat yang dapat meminimalisir kasus kekerasan dan perkawinan anak.

6). Memohon kepada pemerintah khususnya Dinas Pendidikan, untuk meratakan konsep sekolah ramah anak, baik dari segi fasilitas penunjang pembelajaran, penambahan tenaga pendidik yang berkualitas, untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

7). Memohon kepada pemerintah untuk meningkatkan kerjasama dan kordinasi instansi terkait untuk menindak lanjuti penggunaan rokok, miras, dan Narkoba pada usia anak dengan mengoptimalkan kebijakan sekaligus edukasi pada masyarakat.

8). Memohon kepada pemerintah khususnya kepada dinas terkait untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang ramah anak, serta memberi edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya 1000 hari awal kehidupan untuk mencegah stunting.

Dan yang ke-9). Pemerintah bersama Forum Anak memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya eksploitasi anak secara maksimal serta memberikan tindakan yang tegas terhadap kasus tersebut dengan memberi fasilitas rehabilitasi dan shelter untuk membina anak korban eksploitasi.

“Pesan anak-anak yang 9 tadi ,Nak Sari, saya catat. Ada 9, dan ini artinya akan menjadi PR bukan hanya Dinas terkait saja, akan ada Dinas Kesehatan ada dinas pendidikan dan seterusnya,” kata Gubernur Khofifah, Rabu (29/7/2020).

Dia juga menandaskan akan bertekat untuk memberikan perlindungan pada anak anak. “Semuanya anak-anakku di Jawa Timur, yakinlah bahwa kami semua ingin anak-anak terlindungi, kegiatannya terlindungi, pendidikannya terlindungi, keamanan anak-anak juga terlindungi,” pungkasnya. (ufi)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini