Angin Kencang Terjang 2 Dusun, 9 Rumah Rusak dan Tower Roboh

Blitar – Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang dua dusun di Desa Suruh Wadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Rabu(29/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Kejadian itu mengakibatkan 9 rumah rusak ringan hingga sedang, serta robohnya tower Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) milik Dispendukcapil.

Menurut keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, jika saat kejadian kondisi di Dusun Krajan dan Dusun Jodangan sedang hujan deras disertai angina kencang, kemudian tiba-tiba bertiup angin kencang dan menerjang beberapa rumah warga. “Yang mengakibatkan kerusakan ringan hingga sedang, terutama bagian atap,” tutur Cholik, Rabu (29/1/2020) petang usai melakukan pendataan di lokasi.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun BPBD, di Dusun Krajan yang mengalami kerusakan 7 rumah yaitu : rumah Kijo, Sigit, Mani, Sirum, Wito, Ny Triasih, Ny Sriutami tersebar di 3 RW. Sementara di Dusun Jodangan ada dua rumah yang rusak, milik Mianto dan Lolo, keduanya warga RW 07.

Baca Juga :  Kerugian Akibat Angin Kencang di Blitar Mencapai Rp 800 Juta

Selain merusak 9 rumah warga, angin kencang yang bertiup dari timur ke barat juga merobohkan tower SIAK milik Dispendukcapil Kabupaten Blitar yang terpasang di Kantor Kecamatan Kademangan.

Mengenai nilai kerugian, Cholik mengaku masih akan didata dan berkoordinasi dengan pihak desa. Termasuk kerusakan tower SIAK, karena nilainya yang tahu pihak Dispendukcapil. “Sedangkan kebutuhan material saat ini untuk memperbaiki kerusakan rumah warga, yaitu kayu dan asbes,” ungkapnya.

Kini, di lokasi sudah ada BPBD, TNI, Polri, relawan, Muspika, dan warga. Membantu memperbaiki dan membersihkan puing-puing kerusakan.

Ditambahkan Cholik dengan adanya kejadian kedua, dalam 3 hari terakhir. Pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati, jika terjadi hujan deras dengan curah hujan tinggi. “Terutama yang berada di kawasan rawan bencana banjir, tanah lonsor dan angin puting beliung,” imbuhnya. (ais)





Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini