Apel Hari Jadi ke-1093 Kabupaten Pasuruan, Semangat Bangkit dari Pandemi

PASURUAN (Lenteratoday) – Peringatan hari jadi ke-1093 Kabupaten Pasuruan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Minggu (18/09/2022) penuh dengan nuansa Baju Isyana. Pakaian khas Kabupaten Pasuruan ini seakan menjadi semangat untuk bangkit dari pandemi menuju percepatan pemulihan ekonomi.

Apel dipimpin langsung Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (Gus Irsyad). Turut hadir juga Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron; Sekda Yudha Triwidya Sasongko; Ketua DPRD Sudiono Fauzan yang mengenakan Baju Isyana. Hadir pula Kapolres Pasuruan, Dandim 0819 Pasuruan, Kajari, Ketua PN Bangil, dan lainnya.

Para petugas apel juga mengenakan Pakaian Isyana, seperti Pemimpin Apel yang dipercayakan kepada Camat Pohjentrek, M.Hidayatulloh; Pembaca Doa oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi dan Perwira Apel, Fatkhul Ghoni.

Dalam sambutannya, Gus Irsyad mengaku bersyukur lantaran Apel Hari Jadi Kabupaten Pasuruan digelar di tengah Pandemi Covid-19 dan wabah PMK yang sudah semakin membaik.

Menurutnya, dampak dari membaiknya Pandemi adalah kembali dibukanya pembelajaran tatap muka (PTM) di semua tingkatan sekolah, pasar-pasar yang beroperasi secara normal hingga event-event di masyarakat yang berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan UMKM di Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf, memimpin Apel Hari Jadi ke-1093 Kabupaten Pasuruan.

“Sesuai tema hari jadi Kabupaten Pasuruan tahun ini, kita satukan semangat untuk bangkit dari pandemi menuju percepatan pemulihan ekonomi. Senang sekali karena semuanya membaik, kasus covid juga sangat landai, wabah PMK pun begitu, dan masyarakat banyak yang menggelar event, sehingga ekonomi bangkit, UMKM bergerak semuanya,” katanya.

Selain karena semakin membaiknya situasi pandemi dan wabah PMK, Gus Irsyad juga mengaku bersyukur, lantaran Pemkab Pasuruan juga masih dipercaya untuk meraih penghargaan. Diantaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 9 kali berturut-turut, Top BUMD Awards 2022, penghargaan Kabupaten Pasuruan Bebas Frambusia dari Kementrian Kesehatan RI, Top 45 Pelayanan Publik tahun 2022 dari KemenPAN-RB melalui inovasi Kapiten Pasuruan, Digital Innovation Awards 2022 untuk kategori Digital Innovation for Public Service dan penghargaan lainnya.

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran PMK, Bupati Pasuruan Terbitkan SE

Gus Irsyad menandaskan penghargaan tersebut bukanlah tujuan utama yang ingin dicapai. Tetapi diharapkan mampu menjadi penyemangat dan penambah motivasi untuk berkarya lebih baik ke depannya.

“Saya berharap dengan penghargaan yang telah dicapai, Pemkab Pasuruan dapat semakin meningkatkan layanan yang lebih inovatif, efisien dan efektif kepada masyarakat. Selamat Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1093 tahun 2022,” harapnya.

Di akhir apel, Gus Irsyad dan yang lainnya juga menyerahkan bantuan hibah 1 unit combine harvester kepada Kelompok Tani Makmur Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil; kemudian jaringan irigasi tersier kepada Kelompok Tani Tunggak Semi dari Desa Sumberrejo, Kecamatan Pandaan1 unit hand tractor kepada Kelompok Tani Sumber Sari Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi; serta bantuan jalan usaha tani Kelompok Tani Lestari Desa Tosari, Kecamatan Tosari .

Tak hanya itu saja, Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf dan lainnya juga menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba 10 Program Pokok PKK antar kecamatan, serta juara Lomba Kebersihan dan Keindahan Lingkungan antar OPD di Lingkungan Pemkab Pasuruan.

Sebagai hiburan pamungkas, para undangan dihibur penampilan Farel KW dari Pasuruan yang membawakan lagu Ojok dibanding-bandingke. (*)

Sumber : Hms | Editor  : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini