ASEAN Panji Festival Jadi Ajang Promosi Ikat Kediri

KEDIRI (Lenteratoday) – Kota Kediri dipilih Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi kota ke-2 setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai tuan rumah ASEAN Panji Festival. Kesempatan itu ajang memperkenalkan atau promosi tenun ikat kepada para delegasi.

“Kemendikbudristek bersama seluruh delegasi ASEAN telah melakukan berbagai persiapan dan mengunjungi salah satu pusat kerajinan tenun ikat khas Kediri, Medali Mas, Sabtu (14/10/2023),” ujar Apip Permana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri pada rilis yang dibagikan kepada awak media, Senin (16/10/2023) pagi .

Tak hanya mengenalkan tenun ikat, di kunjungan delegasi ASEAN ini, Kota Kediri juga mengenalkan salah satu wisata sumber di Kota Kediri, Sumber Banteng di Kelurahan Tempurejo serta kesenian pecut Samandiman Kota Kediri pada para delegasi, Minggu (15/10/2023).

Gelaran pertunjukan kolaborasi antara 9 Negara ASEAN tersebut dilakukan di GOR Jayabaya Kota Kediri pada Senin (16/10/2023). Kesembilan negara tersebut adalah; Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Secara terpisah Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri, Zachrie Ahmad saat dihubungi mengatakan Festival Panji Internasional adalah acara tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan mengajak negara-negara ASEAN bersama-sama merayakan Panji sebagai warisan budaya dunia.

Di mana Cerita Panji sendiri telah ditetapkan oleh Unesco sebagai Memory of the World atau Ingatan Dunia dalam situs resmi Memory of The World-Unesco. “Festival Panji diselenggarakan untuk mempromosikan warisan budaya Panji (Inao) yang dimiliki bersama negara anggota ASEAN,” urainya.

Baca Juga :  Pemkot Kediri Bentuk Forum PKP Lintas Sektor, Wadah Komunikasi Developer

“Kota Kediri menjadi salah satu kota yang ditunjuk langsung Kemendikbudristek untuk menyelenggarakan Panji Festival 2023. Karena Panji sendiri menjadi bagian dari Kerajaan Kadiri yang pasti sudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan ASEAN,” tambah Zachrie Ahmad.

Selain Kota Kediri, menurut Zachrie ada 4 kota lain yang juga menjadi tuan rumah Panji Festival 2023, yaitu; DIY, Surabaya, Malang, dan Solo. Dengan Festival Panji Internasional di Kota Kediri, Zachrie berharap ke depan masyarakat Kota Kediri dan kota lain bisa lebih mengenal, mengetahui dan mau ikut melestarikan cerita-cerita panji.

“Salah satu tujuan festival panji ini memang untuk melestarikan budaya yang ditampilkan dalam bentuk tarian. Sehingga tentu harapan kami, cerita panji ini bisa dikenal diketahui oleh seluruh kalangan masyarakat,”pungkasnya.

Terakhir Zachrie mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan menyaksikan pagelaran Festival Panji Internasional di GOR Jayabaya Kota Kediri pada Senin malam. “Saya harap seluruh masyarakat bisa datang dan menyaksikan festival panji secara langsung, karena ini merupakan kesempatan yang belum tentu bisa dilihat kembali,”ujarnya.(*)

Reporter: Gatot Sunarko | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini