Aspal Sepanjang 2 Meter Ambles di Jalan Bandung, Pemkot Malang Janji Segera Perbaiki

MALANG (Lenteratoday) – Aspal sepanjang kurang lebih sepanjang 2 meter di Jalan Bandung, Kecamatan Klojen Kota Malang ambles, Kamis (7/12/2023). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.20 WIB dan sempat menggegerkan warga serta pengguna jalan yang melintas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) Kota Malang, Dandung Djulharjanto, mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan segera mengambil tindakan dalam menangani jalan ambles tersebut.

“Amblesnya ini di atas saluran gorong-gorong, yang panjangnya gorong-gorong ini kurang lebih satu kilometer. Dari titik lobang ini sampai ke kali Sukun yang di belakang Kayutangan Heritage itu. Kalau diameternya ambles aspalan ini kisaran ada 2 meter. Ambrolnya kemungkinan aus karena ini kan bangunan gorong-gorong lama,” ujar Dandung, saat dikonfirmasi awak media di lokasi amblesnya aspal, Kamis (7/12/2023).

Diketahui, kurang lebih 2 minggu sebelumnya, Pemkot Malang juga telah melakukan pengaspalan di sepanjang Jalan Bandung, termasuk di lokasi aspal ambrol ini. Namun, Dandung menegaskan bahwa peristiwa ini tidak berhubungan dengan pengaspalan yang baru saja dilakukan. Pihaknya mengaku bahwa aspal ambles murni dikarenakan bangunan gorong-gorong yang telah aus.

Baca Juga :  Gencarkan Testing, Pemerintah Kota Perkuat PPKM Mikro

“Yang baru diperbaiki kan jalannya, bukan karena pengaspalan kemarin. Dugaan sementaranya itu karena aus. Sebelumnya ini kan saluran irigasi di zaman Belanda dulu. Tapi saluran irigasi ini sudah berubah fungsi menjadi drainase (gorong-gorong) sekarang ini, jadi memang bangunan lama,” tambahnya.

Dalam konteks penanganan aspal ambles sedalam kurang lebih 5 meter tersebut. Dandung menyebutkan bahwa pihaknya akan mempercepat perbaikan, mengingat Jalan Bandung merupakan salah satu akses jalan strategis di Kota Malang.

Lebih lanjut, selama perbaikan nantinya, pengguna jalan akan dialihkan dari Jalan Veteran menuju Jalan Bogor.

“Kemungkinan akan kita cor gorong-gorongnya. Nanti sampai mana yang bermasalah yang longsor nanti kita tangani, jadi bukan hanya yang ambles ini saja.Kalau sepeda motor masih aman. Nanti juga kita pasang rambu rambu saat penangannan. Jadi untuk menghindari kemacetan, kita kordinasi dengan pihak lantas Polresta Malang Kota sama Dishub untuk dialihkan ke Jalan Bogor dari arah Jalan Veteran,” tukasnya.

Reporter: Santi Wahyu/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini