Baru Kepala BPPD Sidoarjo yang Tampak Penuhi Panggilan KPK

SURABAYA (Lenteratoday)-Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo, Ari Suryono, memenuhi panggilan KPK di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2024). Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali yang mendapatkan panggilan serupa, belum tampak hadir.

Sedianya mereka diperiksa sebagai saksi, buntut operasi tangkap tangan (OTT) di Pemkab Sidoarjo.

Ari tiba di KPK sekitar pukul 09.49 WIB. Tidak ada keterangan yang disampaikan Ari. Dia langsung masuk ke lobi Gedung Merah Putih dan menuju ruang pemeriksaan.

“Saksi Ari Suryono informasi yang kami peroleh sudah hadir. Bupati Sidoarjo, belum,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Ali belum membeberkan keterangan atau materi apa yang hendak digali dari Ari dan Gus Muhdlor. Juga tak dijelaskan detail keterkaitan keduanya dalam perkara dugaan korupsi di lingkungan BPPD Sidoarjo.

Gus Muhdlor dan Ari hanya disebut saat pengumuman Kasubag Umum BPPD Pemkab Sidoarjo bernama Siska Wati sebagai tersangka. Siska bersama belasan orang lain terjaring OTT KPK pekan lalu, namun hanya dirinya yang ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga :  Sudah Di-SP3, Ibu Korban Masih Pertanyakan Kematian Anaknya

Dalam kasusnya, Siska Wati sebagai pengepul pungli terhadap insentif para petugas pajak di BPPD Sidoarjo. Dia diduga memotong dana insentif pajak yang diterima ASN di BPPD Sidoarjo.

Pungli dan pemotongan insentif tersebut diduga terjadi sejak tahun 2021. Nilai pungli untuk tahun 2023 mencapai Rp 2,7 miliar.

Uang Rp 2,7 miliar itu diduga ada yang digunakan untuk kepentingan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Kepala BPPD Sidoarjo. Kendati disebut terima aliran uang, tapi Ari dan Gus Muhdlor hingga saat ini masih berstatus saksi. Belum tersangka.

Diketahui hingga berita ini diturunkan, Muhdlor atau dikenal Gus Muhdlor belum nampak hadir di Gedung Merah Putih.

Reporter: dya,rls/Editor: widyawati


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini