Berangkatkan 450 Prajurit Pamtas 501 BY, Ini Pesan Asops Panglima TNI

MADIUN (Lenteratoday) – Asisten Ops Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang berikan semangat kepada 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501 Bajra Yudha Madiun. Prajurit tersebut merupakan satgas yang akan berangkat melakukan Pengamanan Perbatasan (Pamtas) di wilayah Indonesia dan Papua Newguinea.

Tiopan berpesan agar setiap prajurit Pamtas dapat berusaha memahami adat istiadat, kebiasaan dan karakteristik wilayah bertugas. Sehingga akan segera tercapai target dari Pamtas.

“Bersikap professional dan dapat mengendalikan diri dalam bertugas, tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) serta menjaga nama baik TNI,” jelas Tiopan dalam sambutannya di Lanud Iswahjudi, Selasa (02/02/2021).

Tiopan berharap prajurit dapat melewati tugasnya dengan baik meski di tengah cuaca ekstrim dan pandemi Covid-19. Dia berpesan agar prajurit dapat membagi waktu dengan baik, antara tugas dan istirahat yang cukup. Selain itu juga rutin berjemur untuk melawan Covid-19.

“Ini tugas mulia demi nusa bangsa kita. Selalu semangat, jaga diri, dan pulang dengan penuh kebanggaan,’’ tegasnya.

Sementara ituz Walikota Madiun, Maidi mengatakan bahwa Pamtas akan bertugas selama kurang lebih satu tahun. Dia berpesan kepada prajurit yang akan berangkat agar tetap semangat meski harus berpisah sementara dengan keluarga.

Baca Juga :  TNI Gagalkan Penyelundupan 21,2 Kilogram Sabu dari Malaysia

“Prajurit tidak perlu khawatir meninggalkan keluarga. Sebab, keluarga yang berada di asrama akan selalu mendapatkan perhatian dan pemantauan,” kata Maidi.

Diketahui sebelumnya bahwa 50 prajurit telah berangkat terlebih dahulu menggunakan kapal laut. Sedangkan 400 prajurit berangkat menggunakan empat pesawat.

“Mudah-mudahan sukses dan khusus yang di asrama akan kita cek biar yang sedang bertugas jauh di sana juga bisa tenang,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono berpesan agar senantiasa melakukan pendekatan humanis kepada masyarakat perbatasan namun harus tetap waspada. Ciptakan dan jaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan serta kehadiran Satgas di wilayah perbatasan harus bermanfaat bagi masyarakat perbatasan.

“Selamat bertugas kepada Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) Yonif Para Raider 501/BY/18/2 Kostrad, semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas perwira dengan dua melati dipundaknya. (Ger)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini