Birukan Langit, Pemkot Mojokerto Lakukan Uji Emisi Gratis

MOJOKERTO (Lenteratoday) -Melalui Dinas Perhubungan, Pemerintah Kota Mojokerto menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat yang beroperasi di wilayah Kota Mojokerto. Uji emisi tersebut digelar di Lapangan Raden Wijaya, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Kamis (13/9/2023).

Uji emisi gratis menyasar 150 kendaraan dinas milik Pemkot Mojokerto, kendaraan operasional milik perusahaan swasta serta kendaraan roda 4 milik warga kota maupun luar kota Mojokerto. Pada uji emisi gratis ini, setiap kendaraan yang telah diuji akan ditempeli stiker.

Sedangkan bagi kendaraan yang dinyatakan tidak lolos uji emisi akan diedukasi untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum nantinya dilakukan operasi bersama dengan kepolisian.

Saat meninjau pelaksanaan uji emisi, Walikota Mojokerto, Hj. Ika Puspitasari, SE yang akrab disapa Ning Ita menyampaikan bahwa kendaraan dinas menjadi salah satu sasaran dan bahwa pemerintah tidak hanya mengajak tetapi kita memberikan contoh secara langsung kepada masyarakat pemilik kendaraan roda empat.

Rendahnya indeks kualitas udara karena kendaraan bermotor merupakan salah satu problem dari wilayah perkotaan termasuk Kota Mojokerto,namun bukan berarti harus pasrah.

“Dari internal pemerintah Kota Mojokerto ada kendaraan dinas yang difungsikan dalam rangka mendukung tugas pemerintah ini harus lolos uji emisi guna mewujudkan kualitas udara di Kota Mojokerto agar menjadi lebih baik. Kita harus berupaya bagaimana indeks kualitas udara ini juga bisa kita minimalisir potensinya untuk menjadi lebih baik. Salah satu upaya adalah mengurangi tingkat polusi dari kendaraan bermotor,” jelas Ning Ita.

Masih kata Ning Ita, bahwa uji emisi gratis ini sebagai edukasi agar kendaraan yang tidak lolos uji emisi mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

“Nanti kendaraan kendaraan lain yang ada di masyarakat kita dorong untuk berkala melakukan uji emisi agar kita juga mengetahui ketika tidak lolos ada upaya upaya untuk segera dilakukan tindakan yang solutif dalam rangka bersama sama menjaga kualitas udara di Kota Mojokerto agar lebih baik lagi kedepannya,” pungkas Ning Ita. (*/Wisnu Joedha)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini