BRIDA Kalteng Diharapkan Bisa Mendukung Riset dan Program Pemda

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Keberadaan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) diharapkan bisa mendukung riset dan program pemerintah daerah (Pemda) setempat. BRIDA dinilai memegang peranan penting dalam mendukung implementasi sejumlah program Pemda agar dapat berjalan maksimal dan efektif, sehingga bisa tepat sasasaran dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Ketua II Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah, berpendapat kinerja BRIDA akan lebih optimal dalam berinovasi serta melakukan riset jika berdiri sendiri. Hal ini seiring dengan adanya usulan agar pembentukan BRIDA digabung dengan Bappedalitbang yang menurutnya malah kurang pas.

“Sebenarnya tidak jadi masalah dengan usulan tersebut, tapi Bappedalitbang itu sudah merupakan unit lembaga penelitian dan pengembangan, sementara jika BRIDA berdiri sendiri maka kinerjanya akan lebih optimal,” papar Mukarramah, Sabtu (15/4/2023).

Karena itu, ia melanjutkan, perlu adanya suatu kajian dan penelitian lebih mendalam terhadap berbagai kebutuhan masyarakat yang diimplementasikan dalam program, disinilah peran penting BRIDA agar program tersebut dapat tepat sasaran dan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, Mukarramah mengutarakan dalam upaya memberikan dukungan terhadap terbentuknya BRIDA agar bisa berjalan optimal, tentunya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kompetensi untuk mengisi tenaga ahli dalam badan tersebut.

Baca Juga :  DPRD Palangka Raya Minta Pemkot Perhatikan Dampak Karhutla Terhadap Kesehatan

“Ketersediaan SDM untuk mengisi BRIDA, khususnya tenaga ahli, tentu harus yang berkompetensi, agar bisa mendukung program Pemda, inilah yang harus dipersiapkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mukarramah menjelaskan dapat dipahami jika untuk sementara waktu BRIDA digabung dengan Bappeda, karena saat ini Pemprov masih terkendala SDM dan juga anggaran. Sehingga untuk saat ini penggabungan dua badan tersebut dinilai merupakan langkah yang tepat.

Tapi untuk kedepannya ia menyarankan agar semuanya bisa dipersiapkan secara matang, baik dari sisi SDM hingga anggaran yang memadai. Sebab, tujuan dibentuknya BRIDA yaitu untuk mempercepat pembangunan dan daya saing riset di daerah serta memperkuat kebijakan dan juga litbang.

“Dengan demikian kedepannya BRIDA bisa lebih eksis serta mendukung riset di daerah demi pembangunan yang berkelanjutan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Novita | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini