Buka Bimtek Kemenparekraf, Puti Guntur Soekarno Tegaskan Pembangunan Desa Wisata Harus Komprehensif

SIDOARJO (Lenteratoday) – Anggota Komisi X DPR-RI, Puti Guntur Soekarno membuka gelaran bimbingan teknis (bimtek) Penguatan Kualitas Tata Kelola dan Jejaring Destinasi Desa Wisata Kabupaten Sidoarjo, yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI bertempat di Hotel Aston, Sidoarjo pada, Jum’at(31/5/2024).

Dalam sambutannya, Puti Guntur Soekarno menyatakan bahwa tata kelola dalam penguatan desa wisata khususnya di Sidoarjo sangat penting.

“Tata kelola desa wisata ini sangat penting di semua daerah, saya sering melihat banyak desa wisata yang maju namun di sisi lain juga terdapat yang jalan di tempat bahkan tidak berkembang,” ujarnya.

Sebagai anggota DPR-RI dari Dapil Surabaya – Sidoarjo, dirinya menilai bahwa Kabupaten Sidoarjo memiliki potensi wisata yang luar biasa dan harus dikelola secara tepat oleh banyak pihak.

“Ada wisata bahari di Tambak Oso, wisata edukasi seperti di KLG, wisata budaya, wisata religi dan agrowisata. Potensi ini harus dikelola dengan tepat, agar mensejahterakan masyarakat Sidoarjo,” tuturnya.

Baca Juga :  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Kembali Terima Bantuan

Untuk itu, politisi PDI Perjuangan tersebut menegaskan bahwa dalam membangun desa wisata tidak boleh melihat secara parsial, melainkan harus melihat secara komprehensif sebagai sebuah entitas besar yang di dalamnya terdapat tradisi, adat, budaya, manusia, dan interaksinya.

“Tanpa melihat sisi terdalam tersebut dalam pengembangannya, desa wisata akan terjebak pada orientasi project yang berujung pada pragmatisme policy, ini yang harus dihindari,” tegasnya.

Puti Guntur Soekarno berharap adanya keterlibatan pemerintah, dalam hal ini Kemenparekraf RI untuk lebih berfokus terhadap promosi pariwisata ke dalam maupun luar negeri demi pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Komisi X DPR-RI terus mendorong peran aktif pemerintah, saat ini telah hadir berbagi regulasi kepariwisataan yang mampu meningkatkan peran pusat dan daerah untuk berkontribusi bagi pembangunan nasional yang mensejahterakan rakyat,” tandasnya.

Reporter:Pradhita/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini