Bupati Blitar Pamitan Usai Lantik Penjabat Sekda Blitar

BLITAR (Lenteratoday) – Bupati Blitar Rijanto yang akan mengakhiri masa jabatannya beberapa hari lagi, berpamitan pada seluruh kepala OPD dan camat yang hadir usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Mujianto di Pendopo Sasana Adhi Praja, Kanigoro, Kamis (11/2/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji Pj Sekda Kabupaten Blitar, Mujianto ini dilakukan setelah mendapat persetujuan Gubernur Jawa Timur No. 821.2/696/204.4/2021 tertanggal 28 Januari 2021. Serta ditetapkan dalam SK Bupati Blitar No. 8212.36.409.205.5/2021Tentang Penunjukan Pj Sekda Kabupaten Blitar tanggal 10 Pebruari 2021.

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Mujianto, semoga bisa menjalankan tugas dengan amanah. Sebelumnya ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) karena Pak Sekda definitf cuti sakit,” tutur Bupati Rijanto usai pelantikan.

Lebih lanjut Rijanto menjelaskan jika Pj Sekda ini diangkat karena adanya kekosongan jabatan, setelah Sejda definitif Pak Totok meninggal dunia pada 23 Januari 202. Status Pj Sekda sama dengan Sekda definitif, yang menbedakan Sekda definitif berhenti karena pesiun atau meninggal dunia. “Kalau Pj Sekda masa tugasnya hanya 3 bulan, atau sampai ditentukan sekda definitif,” jelasnya.

Sesuai tupoksi Pj Sekda membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan koordinasi administrasi, maka sangat berat dalam masa transisi seperti saat ini. “Karena sesuai informasi kepala daerah baru, akan dilantik pada 17 Pebruari 2021,” tandasnya.

Diantaranya membantu kepala daerah yang baru sebagai pembina daerah, dalam melakukan pengisian jabatan yang kosong. “Menyusun kabinet yang baru sesuai aturan, mewujudkan visi misi kepala daerah yang baru,” harap Rijanto.

Baca Juga :  Ancaman Pencabutan Ijin PT Greenfields oleh Pemkab Hanya "Gertakan"

Dengan segera berakhirnya masa jabatan, Rijanto juga berpamitan kepada seluruh jajaran OPD, camat dan staf di Pemkab Blitar. Sekaligus minta maaf, jika ada salah kata atau perbuatan baik disengaja maupun tidak.

Bahkan ditegaskan Rijanto yang juga birokrasi tertua di jajaran Pemkab Blitar ini, menegaskan tidak ingin ada acara pelepasan untuk dirinya. “Karena kondisi pandemi Covid-19 dan PPKM, kita harus menjaga jangan sampai terjadi penyebaran dan ikut prihatin bersama masyarakat,” tegasnya.

Terakhir Rijanto berpesan kepada seluruh jajaran ASN di Pemkab Blitar, agar menjaga kekompakan, profesionalitas dan loyalitas dibawah koordinasi Pj Sekda yang baru dilantik. “Untuk mendukung pimpinan Kabupaten Blitar yang baru, sehingga pelayanan dan pembangunan masyarakat bisa berjalan semakin baik,” pungkasnya.

Secara terpisah Pj Sekda Kabupaten Blitar, Mujianto usai pelantikan mengatakan dalam 3 bulan masa jabatannya akan fokus pada penanganan pandemi Covid-19, apalagi saat ini masuk pada PPKM Mikro. “Selanjutnya mempersiapkan pelantikan kepala daerah terpilih, yang rencananya pada 17 Pebruari 2021 mendatang,” kata Mujianto.

Kemudian tambah pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dindamade) ini, setelah pelantikan akan dilakukan persiapan pengisian jabatan yang kosong. “Sehingga seluruh jajaran mulai sekda, asisten, staf ahli dan OPD bisa bekerja maksimal. Melaksanakan program prioritas pembangunan, sesuai visi misi kepala daerah yang baru,” imbuhnya.(ais)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini