Bupati Instruksikan ASN dan Honorer Manfaatkan Sensus Online

Kediri – Pelaksanaan sensus penduduk 2020 bakal menggunakan 2 metode , yakni secara online dan dan wawancara. Sensus penduduk online berlangsung 15 Februari – 31 Maret dan sensus wawancara 1 – 31 Juli 2020.

Hal itu terungkap dalam  Rapat Koordinasi Daerah Kabupaten Kediri dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Acara yang diselenggarakan oleh badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri tersebut bertempat di Ruang Kilisuci Grand Surya Hotel, Senin (17/2/2020). Rapat dibuka Bupati Kediri dr Hj Haariyanti Sutrisno.

Menurut Kepala BPS Kabupaten Kediri, Lilik Wibawati, sensus penduduk tahun 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7 di Indonesia. Bertujuan menyediakan data jumlah komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia, menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Ditambahkan, rapat ini adalah membangun koordinasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder, menyebarluaskan informasi tentang Sensus Penduduk 2020 dan tahapan kegiatannya.  Juga bertujuan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online dan sensus penduduk wawancara.

Sensus penduduk online adalah mengisi data secara online dengan masuk ke laman sensus.bps.go.id, Sementara sensus wawancara adalah dengan kehadiran fisik petugas sensus berkomunikasi dengan penduduk.

Baca Juga :  Bupati Kediri Surati Gubernur Jatim, Pertanyakan soal Pelebaran Jalan ke Bandara Dhoho

Hadir pada acara tersebut jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri, Sekda Kabupaten Kediri, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Kediri. “Selanjutnya kami akan rapat koordinasi kecamatan dengan mengundang seluruh kepala desa/lurah di kecamatan masing-masing, 18-26 Februari 2020. Tujuan rakorcam ini adalah untuk mensosialisasikan kegiatan sensus penduduk 2020 ke tingkat desa/kelurahan hingga RT/RW,” kata Lilik.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam acara tersebut menjelaskan,  sensus penduduk ini merupakan kegiatan 10 tahun sekali dalam pencatatan data kependudukan di Indonesia. Diharapkan seluruh masyarakat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan sensus kali ini, agar terdata secara menyeluruh.

“Saya mengimbau seluruh ASN di Kabupaten Kediri, baik PNS maupun tenaga kontrak,  mengisi data bersama-sama. Secara online lebih mudah, hanya dengan menyiapkan KTP, KK, surat nikah sudah bisa untuk menginput data. Saya sudah mengisi tadi, saya harap semua bisa mengikutinya,” pesan Bupati.

Sebagai ujud dukungan suksesnya Sensus Penduduk 2020, Bupati Kediri menandatangani komitmen bersama untuk tujuan ‘Satu Data Kependudukan Indonesia’. (gos/adv)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini