Bupati Jember Gandeng Ormas Untuk Sinergi Pembangunan

JEMBER (Lenteratoday) – Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat atau Bakesbangpolinmas Pemkab Jember menggelar silaturahmi Bupati Jember bersama pimpinan organisasi kemasyarakatan atau ormas se-Kabupaten Jember di Hotel Rembangan Jember, Minggu (32/10/2021). Dalam kegiatan tersebut, disampaikan mengenai ormas yang berkewajiban untuk mendaftar ke Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri untuk memberikan akses pemerintah daerah agar dapat mengetahui keberadaan ormas dan kegiatannya.

Bupati Hendy Siswanto mengatakan, pentingnya silaturahmi semacam ini dengan pimpinan ormas yang ada di Kabupaten Jember, karena dapat menjadi wadah penting mewujudkan program pemerintah melalui sinergi bersama ormas yang ada. “Saya berharap semua ormas dan LSM dapat menyampaikan gagasannya untuk kebaikan pembangunan kabupaten Jember,” Bupati Jember Hendy Siswanto.

Dia juga meminta kepada Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember Drs Edi Budi Susilo dapat mendorong dan memfasilitasi agar ormas dan LSM ke depan berbadan hukum. “Bagaimana caranya agar ormas dan LSM bisa berbadan hukum, sehingga jika akan bermitra dengan pemerintahan kabupaten Jember tidak mengalami kesulitan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Jember Dukung UKM di Mayang untuk Naikan Nilai Jual

Di hadapan lebih dari 55 ormas dan LSM yang terundang, Bupati Hendy menyampaikan, agar tidak segan memberikan masukan kepadanya, bahkan dalam bentuk kritik sekalipun, meski Hendy juga berharap bukan hanya kritik, tetapi juga dapat kiranya memberikan solusi.

“Saya gak apa – apa ada teman – teman yang menyampaikan aspirasi dengan berdemo, tetapi saya memang mengingatkan, karena ini masa pandemi, demo gak apa – apa, sebaiknya dibatasi, agar tidak bersinggungan dengan hukum, nanti kan rugi sendiri,” ujarnya.

Sementara Kepala Bakesbangol Jember Drs Edy Budi Susilo menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pendataan terkait dengan keberadan organisasi kemasyarakatan, yang menurutnya masih diperlukan pembinaan lebih lanjut, sebagaimana ketentuan UU No 16 tahun 2017.

“Sesuai dengan kesamaan tujuannya, maka kegiatan yang dilakukan kali ini dalam rangka melakukan silaturahim antara pemerintah daerah, dalam hal ini bapak Bupati dengan pimpinan organisasi yang ada di kabupaten Jember,” ujar Edi Budi.

Reporter : P Juliatmoko

Editor : Endang Pergiwati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini