Ciptakan Inovasi dari Limbah, Dua Wisudawan PCU Raih Cumlaude

SURABAYA (Lenteratoday) – Dua mahasiswa Petra Christian University (PCU) Viola Tizita dan Fabrizio Robbie Sumawan mampu memanfaatkan limbah menjadi inovatif berdaya jual. Inovasi tersebut merukan perwujudan dari tugas akhir mereka untuk kemudian akan menjalani wisuda pada tanggal 1 dan 2 Setember 2023 mendatang. Kedua mahasiswa tersebut berhasil mendapatkan predikat cumlaude.  

Dalam inovasinya, Viola Tizita menggunakan ampas kopi yang biasanya dibuang oleh pengguna untuk didaur ulang kembali. Di tangannya, limbah tersebut lahir kembali menjadi gelas keramik yang bisa menghasilkan uang.

“Saya melihat lingkungan terdekat saya mulai dari teman dan keluarga ini sering mengkonsumsi kopi, kemudian proses pembuangan limbah kopinya tidak tepat sehingga dapat merusak lingkungan,” tambah gadis yang biasa dipanggil Vio saat ditanya alasannya membuat TA itu seperti dalam rilis yang diterima Rabu (30/8/2023).

Inovasi yang diberi berjudul “Perancangan Inovasi Bisnis Gelas Keramik Berbahan Ampas Kopi” berhasil membawa TA (Tugas Akhir) Vio yang berasal dari program DKV (Desain Komunikasi Visual) ini mendapat nilai A.

Vio mengolah ampas kopi dengan bahan tanah liat yang dibentuk menjadi gelas keramik beraroma kopi. Untuk membuat produk ini menarik, Vio membuat 16 produk gelas keramik dengan 16 macam ilustrasi yang mengangkat tema tentang MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) Personality dengan nuansa nostalgia generasi 90-an Indonesia.

Sebelum memutuskan menggunakan tema MBTI ini, gadis dengan IPK 3,79 itu telah melakukan riset sebelumnya. “Saya memilih nama brand Glofee dan target audiensnya itu wanita dari generasi Millenial, dengan rentang umur 23-35 tahun di mana ternyata menyukai produk yang lebih personalized. MBTI ini sangat cocok karena semua karakter menggambarkan kelakuan-kelakuan unik saat masa kecil,” tambah gadis yang punya hobi DIY Art and Craft.

Karya inovasi yang dibandrol dengan harga Rp. 90.000,00/paketnya ini telah laku sebanyak sebelas paket. Tiap paketnya berisikan satu gelas keramik beserta merchandise MBTI Card Information, Thank You Card, Sticker, Product Information, dan Packaging Label.

Lain hal dengan karya TA Fabrizio Robbie Sumawan dari program Interior Design PCU. TA-nya yang berjudul “Perancangan Fidgeting Interior Dekoratif dengan Memanfaatkan Limbah Kayu Industri” ini juga meraih nilai A.

Baca Juga :  Tingkatkan Nilai Jual Nanas di Kediri, Dosen PCU Buat Minuman NASAGA

Robbie, demikian ia biasa dipanggil, menghasilkan enam produk dari limbah kayu industri yang sudah tidak digunakan. Produk ini tidak hanya mengandalkan estetika bentuk tapi juga dirancang untuk membantu meredakan kecemasan pengguna, terutama yang mengalami gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

“Di era setelah pandemic Covid-19, banyak orang memiliki tekanan kerja yang lebih besar. Selain menimbulkan kecemasan, efeknya bisa membuat orang menjadi tidak fokus yang kemudian bisa mempengaruhi pekerjaan menjadi tidak maksimal. Nah, salah satu cara meredakan kecemasan itu adalah dengan fidgeting ini,” urai Robbie yang meraih IPK 3,52 saat ditanya alasan membuat karya TA ini.

Robbie berupaya menggabungkan perancangan fidgeting interior dekoratif yang memanfaatkan limbah kayu industri sebagai bahan utama materialnya dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).  “Jadi rancangan saya ini menggabungkan antara kayu yang kini semakin diminati dalam industri mebel dengan permainan terapi. Namanya Woga Collection yang artinya wooden game ini terdiri dari tiga table lamp, dua desk lamp dan satu floor lamp,” tutup pemuda yang lahir di bulan Mei itu. 

Sementara itu, sebanyak 1.252 wisudawan PCU akan dikukuhkan secara langsung oleh rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., dalam wisuda ke-84 selama dua hari berturut-turut (1-2/9/2023). Para wisudawan ini akan mengikuti prosesi wisuda di Auditorium Gedung Q kampus PCU, acara ini terbagi menjadi empat shift pada pukul 08.30 dan 14.00 WIB.

Total wisudawan PCU pada wisuda ke-84 ini terdiri dari 1.136 lulusan Program Sarjana (S1), 38 lulusan Program Profesi, 77 lulusan Program Magister (S2), dan satu lulusan pertama Program Doktor. Dengan demikian, hingga saat ini PCU telah meluluskan 48.927 orang lulusan, yang berkarya di enam benua.  (*)

Sumber : Rilis | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini