Demi Keseimbangan Pesawat, Penumpang Ditimbang Berat Badan di Pintu Gerbang

JAKARTA (Lenteratoday) – Maskapai menimbang berat badan penumpangnya bukan omong kosong. Mengutip BBC, Sabtu (10/2/2024), Finnair melakukan sebuah uji coba yang dilakukan di Bandara Helsinki.

Para penumpang sukarelawan ditimbang di pintu keberangkatan agar maskapai dapat menyempurnakan estimasi berat badan pesawat sebelum lepas landas.

Untungnya penimbangan ini tidak terkait dengan mereka yang membawa tas besar atau data penumpang. Semuanya bersifat anonim, kata Päivyt Tallqvist, wakil presiden senior komunikasi Finnair.

“Hanya anggota staf di pintu masuk yang dapat melihat beratnya. Uji coba dimulai pada hari Senin, dan pada hari Kamis pagi, dengan 800 sukarelawan telah mengambil bagian,” kata Tallqvist, seraya menambahkan bahwa maskapai ini sangat terkejut dengan jumlah sukarelawan.

“Kami telah mengkomunikasikan tentang survei ini kepada para pelanggan Finnair melalui saluran media sosial dan aplikasi seluler kami. Para relawan pertama secara proaktif meminta untuk ikut serta bahkan sebelum peralatan disiapkan,” katanya.

Mereka berencana untuk menimbang 1.200 penumpang untuk musim dingin, dan lebih banyak lagi untuk musim panas.

Tallqvist mengatakan bahwa maskapai ini sedang mengumpulkan data tentang berat rata-rata penumpang dan barang bawaan mereka. Tujuannya untuk keseimbangan pesawat dan perhitungan kinerja yang diperlukan untuk operasi penerbangan yang aman.

Maskapai penerbangan menghitung berat pesawat termasuk semua penumpang, kargo dan hal-hal lain sebelum pesawat lepas landas, bersama dengan pusat gravitasinya.

Berat pesawat dapat memengaruhi tempat duduk penumpang dan dalam beberapa kasus bahkan berapa banyak penumpang yang diizinkan masuk ke dalam pesawat, serta berapa banyak bagasi yang dapat dimasukkan ke dalam ruang penyimpanan.

Setiap pesawat yang Anda tumpangi memiliki berat maksimum yang ditetapkan untuk lepas landas dengan aman.

“Meskipun maskapai penerbangan mengetahui berat serta aspek lainnya, berat pelanggan dan bagasi kabin mereka dihitung dengan menggunakan berat rata-rata yang dikonfirmasi oleh Otoritas Penerbangan Sipil,” kata Tallqvist.

Baca Juga :  Avtur Naik, Bersiap Harga Tiket Pesawat Mahal

Maskapai penerbangan umumnya menggunakan berat rata-rata penumpang yang disediakan oleh Otoritas Keselamatan Penerbangan Eropa, tetapi mereka juga dapat menggunakan pengukuran mereka sendiri, yang telah disetujui oleh pihak berwenang.

Finnair telah menggunakan pengukurannya sendiri sejak 2018, tetapi ini harus diperbarui setiap lima tahun.

Korean Air melakukan program penimbangannya sendiri pada tahun 2023, sementara Air New Zealand juga melakukan survei berat badan tahun lalu.

Finnair mengumpulkan data untuk musim dingin dan musim panas, karena penumpang cenderung mengenakan pakaian dan mantel yang lebih tebal selama musim dingin di Finlandia.

Pembacaan musim dingin akan selesai pada bulan Februari, dan pengumpulan data musim panas akan dilakukan antara bulan April dan Mei.

Maskapai ini mengatakan bahwa mereka akan menghitung berat rata-rata dari pengukuran yang dilakukan, dan akan mengirimkan data tersebut ke Badan Transportasi dan Komunikasi Finlandia untuk diverifikasi. Bobot tersebut akan digunakan untuk perhitungan muatan dari tahun 2025-30.

Dan meskipun banyak penumpang yang lebih suka merahasiakan berat badan mereka, Satu Munnukka, kepala bagian darat Finnair, meyakinkan para penumpang yang gelisah dalam sebuah pernyataan bahwa “data yang dikumpulkan tidak terkait denga data pribadi pelanggan.”

“Kami mencatat berat total dan informasi latar belakang pelanggan dan bagasi kabin mereka, tetapi kami tidak meminta nama atau nomor pemesanan,” kata Munnukka.

“Hanya agen layanan pelanggan yang bekerja di titik pengukuran yang dapat melihat berat total, sehingga Anda dapat berpartisipasi dalam penelitian ini dengan tenang,” imbuh dia.

Sumber: bbc,ist/Editor: widyawati


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini