Demokrat Belum Resmi Deklarasi Dukung Prabowo

BOGOR (Lenteratoday) -Partai Gerindra menunggu Partai Demokrat secara resmi mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Sekadar informasi, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Prabowo di kediamannya, Hambalang, Bogor pada Minggu (17/9/2023).

Pihak Partai Amanat Nasional (PAN) sebelumnya menyatakan SBY dan AHY secara resmi menyatakan dukungan atas pencapresan Prabowo dalam pertemuan tersebut. Meski demikian, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono tidak mau memastikan dukungan dari Demokrat itu.

Budi menjelaskan, Gerindra dalam posisi menunggu. Oleh sebab itu, lanjutnya, Gerindra berharap Demokrat dalam waktu dekat secara resmi menyatakan dukungan ke Prabowo ke publik.

“Kami sangat berharap pada waktunya nanti akan ada pengumuman secara resmi,” ujar Budi ditemui usai pertemuam di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Bogor, Minggu (17/9/2023).

Menurutnya, SBY ke Hambalang dalam rangka kunjungan balasan sebab Prabowo beberapa waktu lalu sudah kunjungi kediaman SBY di Cikeas. Bagaimanapun, lanjutnya, SBY dan Prabowo merupakan teman lama di dunia militer.

“[SBY dan Prabowo] banyak membahas permasalahan-permasalahan kebangsaan dan juga mungkin hal-hal strategis yang akan kita bicarakan ke depan. Intinya, dari kedua tokoh ini mempunyai kesamaan, mempunyai keakraban, hubungan yang terjalin erat sudah lama,” katanya.

Budi mengatakan dalam pertemuan itu disepakati pihak Demokrat dan Gerindra akan melakukan pertemuan-pertemuan lanjutan ke depannya.

“Sudah terjadi komunikasi yang sangat intens beberapa hari ini dan akan dilanjutkan, dan moga-moga pada saatnya, dalam waktu dekat, kami akan bersama-sama kembali lagi [dalam forum deklarasi pencapresan Prabowo],” jelasnya, mengutip Bisnis.

Dalam pertemuan tertutup itu, juga hadir Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, dan mantan Menteri Pertahanan Agum Gumelar.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra tidak membantah ataupun mengonfirmasi kabar pihaknya akan bergabung ke koalisi pendukung Prabowo.

Meski demikian, dia meminta setiap pihak bersabar sebab pengumuman pasti arah koalisi akan segera diumumkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Tunggu saja dari Mas AHY. Beliau langsung yang akan menyampaikan,” kata Herzaky saat dihubungi, Minggu (17/9/2023) (*)

Editor: Arifin BH


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini