Diduga Data KPAI Dijualbeli di RaidForums, Kominfo Langsung Cek

JAKARTA (Lenteratoday) – Adanya pengaduan (online) terkait dugaan kebocoran data pada KPAI, yang bahkan diperjualbelikan pada di situs gelap RaidForums, membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung mengadakan pemeriksaan.  

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, mengungkapkan pihaknya tengah memeriksa terkait dugaan kebocodan data tersebut.

Sementara Komisioner KPAI, Jasra Putra menyatakan data yang bocor diduga beradal dari layanan pengaduan online di situs resmi KPAI.

“Kami punya sistem pengaduan online berbasis website kpai.go.id, diduga data ini yang diretas,” kata Jasra.

Peretas diduga mencuri data pengaduan online KPAI kemudian menjualnya di situs RaidForums, belum diketahui berapa harga yang ditawarkan untuk data ini dan berapa besar data yang mereka curi.

Baca Juga :  Pemkab Jember Persiapan Jelang Evaluasi Program Smart City 2022

Tangkapan layar yang beredar di media sosial, peretas membuat utas berjudul “Leaked Database KPAI” untuk menjual data tersebut.

Dalam utas tersebut, peretas memberikan sampel data antara lain berupa nama lengkap, alamat email, jenis kelamin, tanggal lahir, agama dan kewarganegaraan.

KPAI berencana melaporkan dugaan peretasan dan data bocor ini ke kepolisian. Menurut Jasra, KPAI sudah menyampaikan kasus ini ke Mabes Polri dan sudah ada tim yang mengecek pada Selasa (19/10) lalu.(*)

Reporter : Antaranews

Editor : Endang Pergiwati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini