Digitalisasi Pembayaran, KBS Masifkan Transaksi Menggunakan QRIS

SURABAYA (Lenteratoday) – Bank Indonesia berkolaborasi dengan BRI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK memasifkan penggunaan QRIS di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Agenda tersebut dikemas dalam gelaran “Jatim QRIS Adventure And Experience (JARE) di Kebun Binatang Surabaya, Jumat (17/11/2023).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengungkapkan, saat ini penggunaan QRIS di Surabaya sudah banyak digunakan, seperti untuk pembayaran Suroboyo Bus, pembelian produk UMKM di Sentra Kriya Gallery, serta yang sedang dalam uji coba adalah untuk pembayaran parkir.

“Semoga nantinya dalam waktu dekat di akhir tahun ini atau awal tahun depan hampir seluruh sektor ekonomi Surabaya ini sudah akan berbasis digital,” ungkapnya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Bandoe Widiarto menjelaskan, pemasifan ini dilakukan dalam rangka mendorong digitalisasi pembayaran oleh masyarakat, khususnya destinasi wisata KBS. Mengingat KBS merupakan destinasi wisata yang strategis, sangat luas, dan telah tertata rapi.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) Khoirul Anwar mengungkapkan, pemasifan QRIS ini sesuai dengan konsep customer awareness, berupa kecepatan dalam penyelesaian pembayaran baik itu e-ticketing maupun pembelian tiket untuk masuk ke wahana-wahana di dalam KBS. Meski begitu, saat ini di KBS belum 100 persen menggunakan QRIS, melainkan masih di angka 60 persen.

Saat inipun transaksi menggunakan QRIS di KBS bisa dilakukan untuk pembayaran di pintu masuk, pembayaran masuk wahana, serta pembelian untuk feeding time. Untuk pembelian di stan makanan atau lainnya, akan dijalankan secara bertahap.

“Akan secara bertahap seperti itu. Secara bertahap kita edukasi seluruhnya nanti setelah itu Insyaallah target 2 tahun kedepan itu sudah bisa 100 persen,” ungkapnya.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Timur yang ke-78, BI juga menginisiasi promo tiket KBS seharga Rp78, bagi pengguna yang membayar menggunakan QRIS mulai 17-19 November esok.

Reporter: Jannatul Firdaus|Editor: Arifin BH

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini