Ditembak Orang, PM Slovakia Terluka Parah

SURABAYA (Lenteratoday) – Peristiwa tragis menimpa Perdana Menteri (PM) Slovakia, Robert Fico, karena ditembak orang tak dikenal usai menghadiri rapat pemerintah di Kota Handlova di bagian tengah negara tersebut. Akibanya, dia mengalami cedera parah.

Dari laporan Televisi setempat JOJ menyebutkan Fico ditembak oleh pelaku saat keluar dari sebuah gedung untuk menemui masyarakat. Meski demikian, wakil perdana menteri Slovakia, Tomas Taraba, pada Rabu (15/5/2024) menyatakan bahwa tindakan medis yang segera diterima Fico di rumah sakit berhasil menyelamatkannya dari kondisi kritis.

“Sejauh yang saya tahu, operasinya berjalan lancar, dan saya yakin pada akhirnya ia akan selamat. Nyawanya sudah tidak lagi terancam saat ini,” kata Taraba kepada BBC.

Taraba juga menyebutkan PM Fico menderita luka parah di bagian perut dan sendi karena tertembus peluru tajam. “Lukanya parah — satu peluru menembus perut dan peluru kedua mengenai sendinya. Ia segera dievakuasi ke rumah sakit dan langsung dibawa ke meja operasi,” kata dia.

Baca Juga :  Penembakan dan Ledakan Bom di Gedung Konser Moskow Tewaskan 40 Orang, 100 Terluka

Sementara, berdasarkan laporan Kantor berita TASR menyatakan bahwa pelaku penembakan langsung ditangkap. Namun, identitas dan motif penembakan pelaku masih diselidiki hingga saat ini.

Berdasarkan laporan dari wartawan media Inggris SkyNews bahwa pelaku merupakan seorang mantan petugas pengamanan.

Presiden Slovakia Zuzana Caputova dengan tegas mengutuk penembakan tersebut dan mendoakan supaya Fico segera pulih.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Slovakia Matus Sutaj-Estok menyebut serangan tersebut merupakan masa paling menyedihkan sepanjang 31 tahun sejarah Slovakia.

Sutaj-Estok menegaskan bahwa serangan terhadap perdana menteri tidak hanya merupakan serangan terhadap individu, tapi juga merupakan serangan terhadap demokrasi dan institusi negara itu sendiri. (*)

Sumber: Anadolu melalui antara | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini