Dua Bapaslon Independen Batal Maju Pilbup Blitar

Blitar – Dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) jalur independen atau perseorangan batal maju pada Pibup Blitar 2020. Pasalnya, mereka tidak bisa memenuhi syarat minimal dukungan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menyatakan tidak ada bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati 2020 dari jalur perseorangan yang menyerahkan dokumen syarat minimal dukungan pada 19 – 23 Februari 2020. Akhirnya, tahapan penerimaan berkas dukungan ditutup melalui rapat pleno, Senin (24/02) dini hari atau pukul 00.01 WIB.

Disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah sebenarnya ada 2 bakal pasangan calon (bapaslon) yang meminta user name dan pasword sistem informasi pencalonan (silon). “Pertama bapaslon Sunyoto – Suparwadi dan kedua Sunyoto – Dian,” ujar Nikmatus, Senin (24/2/2020).

Setelah meminta user name dan password, Bapaslon Sunyoto – Suparwadi berganti pasangan. Sunyoto dengan Dian kemudian meminta user name dan password juga, jadi meskipun mundur dan berganti pasangan tetap masuk dalam aplikasi Silon ada dua pasangan jelas Nikmatus.

Mengenai gagalnya Bapaslon Sunyoto – Dian maju, diungkapkan Nikmatus pada Minggu (23/2/2020) sore, penghubung dari Bapaslon Sunyoto – Dian datang ke KPU untuk memberikan surat pernyataan batal menyerahkan dokumen syarat minimal dukungan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Blitar 2020 jalur perseorangan.

“Padahal Bapaslon Sunyoto – Dian sudah mengumpulkan dukungannya, terbukti sudah diunggah disilon dari formulir B1.1KWK dan B2KWK sejumlah 28.627 dukungan,” ungkapnya.

Namun jumlah itu belum memenuhi syarat minimal dukungan, untuk bakal calon jalur independen atau perseorangan di Kabupaten Blitar yaitu 70.788 dukungan.

Nikmatus menambahkan untuk selanjutnya, karena tidak ada yang menyerahkan dokumen syarat minimal dukungan hingga batas akhir 23 Pebruari 2020 pukul 24.00 WIB. “Maka otomatis KPU tidak melanjutkan verifikasi administrasi dan faktual, kini KPU menunggu pendaftaran bapaslon dari jalur partai politik pada 16 – 18 Juni 2020 mendatang,” imbuhnya. (ais)





Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini