Dukung Pengurangan Sampah Plastik, Pemkot Bagikan 1.000 Bakul Purun

PALANGKA RAYA (Lenteratoday)-Kebersihan dan kelestarian lingkungan menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya. Selain terus melakukan sosialisasi dan edukasi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, membagikan 1.000 bakul purun (wadah dari anyaman rumput,Red) kepada masyarakat.

Bakul purusn tersebut didistribusikan di dua lokasi, yaitu Pasar Besar Ahmad Yani dan Pasar Kahayan.

“Dengan membagikan bakul purun, kami mengajak masyarakat agar beralih dari menggunakan kantong plastik dan mengganti dengan media lain yang lebih ramah lingkungan, salah satunya yaitu purun,” papar Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini, Rabu (21/2/2024).

Ia mengatakan, sampah plastik merupakan salah satu masalah serius yang harus segera ditangani, untuk melindungi kelestarian lingkungan hidup dan mengurangi dampak negatifnya terhadap ekosistem.

Pihak DLH Kota Palangka Raya akan terus berupaya mengedukasi masyarakat terkait bahayanya penggunaan kantong plastik secara berlebihan. Karena plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai sepenuhnya sehingga akan mencemari lingkungan dan merusak ekosistem, yang mana ini akan berdampak negatif pada kehidupan manusia.

Baca Juga :  Komisi C DPRD Minta Pemkot Palangka Raya Alokasikan Anggaran Untuk Perlindungan Perempuan dan Anak

“Dengan membagikan bakul purun, merupakan upaya kami agar masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik dan sebagai salah satu alternatif pengganti kantong belanja yang dapat dipakai berulang,” jelasnya.

Zaini menambahkan, agar upaya pengurangan sampah plastik berhasil, tentu perlu dukungan seluruh elemen masyarakat, mulai dari individu, keluarga, hingga pelaku usaha dan pemerintah daerah.

“Mari bersama kita dukung program Nasional pengurangan sampah plastik, demi kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta masa depan anak cucu kita nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Panarung, Rusdiah, yang beruntung mendapatkan bakul purun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkot setempat dan menyatakan ikut mendukung upaya pengurangan sampah plastik.

“Saya berterima kasih sudah mendapat bakul purun yang pasti bermanfaat, saya ikut mendukung program pengurangan sampah plastik yang pastinya demi kebersihan lingkungan dan kita semua,” tutupnya.

Reporter : Novita/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini