Grebek Durian di Jombang Ricuh, Belasan Pengunjung Berebut Sampai Terluka

Jombang – Acara grebek ribuan buah durian atau upacara berkala berupa kenduri durian (kenduren) di Lapangan Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, diwarnai kericuhan, Minggu (8/3/2020).

Ratusan pengunjung tak sabar dengan pembagian buah durian oleh petugas dan panitia. Alhasil, pengunjung saling berebut mengambil sendiri durian-durian yang telah ditata dalam beberapa gunungan itu.

Belasan pengunjung terluka karena terkena goresan dan tusukan kulit durian saat mereka berdesakan dan berebut durian. Satu unit mobil PMK Jombang yang disiapkan untuk mendinginkan suasana, sayangnya masih tak mampu melerai warga yang berebut buah khas Wonosalam ini.

Seperti dialami Dadang, warga Kecamatan Ngoro Jombang. Demi satu butir durian, telapak tangan pemuda ini pun harus berdarah saat mencoba mengambil buah durian gratis ini. Tangannya tergores kulit durian akibat berebut dengan pengunjung lain.

“Dapat satu durian, tapi tangan saya berdarah tadi ikut desak-desakan di tengah lapangan dan berebut dengan pengunjung lain,” kata Dadang.

Baca Juga :  Truk Boks Seruduk Truk Tangki di Tol Jomo di Jombang, Sopir Tewas Terjepit

Meski petugas menyemprotkan air ke arah pengunjung, mereka enggan mundur dan terus merangsek mendekati gunungan durian. Petugas pun dibuat kewalahan.

“Ada pengunjung yang nyaris pingsan karena terjepit penonton. Remaja itu bawa durian lebih dari satu, hampir pingsan karena berdesakan di tengah warga. Untung remaja itu segera kami tarik keluar dari kerumunan,” ungkap seorang petugas.

Ketua Panitia Kenduren, Wartomo mengatakan, Kenduren merupakan ritual rutin setiap tahun sejak beberapa tahun terakhir sebagai ungkapan rasa syukur warga Wonosalam atas melimpahnya hasil kebun durian warga tahun ini.

Diharapkan dengan adanya acara grebek durian atau kenduren ini, kawasan wisata durian Wonosalam akan lebih dikenal masyarakat utamanya di luar Jombang.

‚ÄúDengan mengenalkan buah durian kami ke masyarakat, harapan kami durian Wonosalam semakin dikenal dan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat setempat, ini wujud syukur kami juga karena tahun ini panen durian di Wonosalam melimpah,” pungkasnya. (gos)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini