Guru Sekolah Perlu Miliki Karakter Pengusaha

SURABAYA (Lenteratoday) -Prof. Dr. Jimmy Ellya Kurniawan, S.Psi., M.Si., pakar di bidang psikologi entrepreneurship dari Universitas Ciputra Surabaya mengatakan, guru sekolah yang tugas utamanya menjalankan fungsi akademik juga perlu bertindak sebagai academic entrepreneur.

Dalam hal ini, guru harus bisa menjadi role-model yang memiliki karakter entrepreneur (pengusaha) dalam memfasilitasi siswanya, sekaligus sebagai intrapreneur dalam mengembangkan organisasi sekolahnya.

“Nah, guru yang menjadi entrepreneur akan menunjukkan perilaku yang berorientasi pada entrepreneurship, yaitu proaktif, inovatif, berani
mengambil risiko, otonomi, dan kompetitif,” kata Prof. Jimmy, Jumat (26/1/2024).

Psikologi ini mengungkapkan, jika perilaku entrepreneur pada guru dapat diperkuat melalui dua faktor. Pertama sikap guru sebagai faktor intrinsik dan lingkungan guru sebagai faktor ekstrinsik.

Sikap guru yang dapat memperkuat perilaku berentrepreneurnya adalah determinasi diri, kesiapan berubah, berorientasi pasar, inisiatif bertumbuh dan efikasi berentrepreneur. 

“Sementara lingkungan guru yang dapat memperkuat perilaku berentrepreneurnya adalah budaya sekolah, atasan (di sekolah) dan keluarga yang mendukung,” jelasnya.

Dengan dimilikinya karakter tersebut di dalam diri seorang guru, diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada siswa serta memajukan organisasi sekolah (*)

Reporter: Amanah Nur Asiah|Editor: Arifin BH


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini