Hobi Melukis Sejak Dulu, Dyah Katarina Ikut Pameran Bersama IWPI

SURABAYA (Lenteratoday) – Hadir sebagai peserta pameran lukisan yang diadakan Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI) Jawa Timur (Jatim), Anggota DPRD kota Surabaya komisi D, Dyah Katarina mengakui melukis adalah hobinya sejak zaman sekolah.

Bagai gayung bersambut, ketika ia ingin belajar melukis bersama para seniman pelukis wanita, bakat dan kemampuannya pun makin terasah dan tersalurkan. Tidak membutuhkan waktu yang lama, komunitas IWPI langsung mengajak Dyah untuk ikut serta dalam pameran di basement area, Balai Pemuda kota Surabaya, yang di gelar pada tanggal 20-30 Desember 2022.

“Awalnya saya ingin belajar melukis dan ketemu ibu-ibu ini (Seniman IWPI), ketika dicoba ternyata sudah bisa. Akhirnya langsung diajak pameran yang mereka adakan.” ujar Dyah dikutip Rabu (21/12/2022).

Dalam pameran lukisan ini, Dyah menyumbangkan 2 lukisan, dengan salah satunya berjudul ‘Green on Orange’.  Berukuran 65×85 cm denganbahan cat akrilik di kanvas, dia mengaku pengerjaanya cukup singkat.

“Saya buat lukisan baru, untuk ukuran pameran. Karena biasanya saya melukis di kanvas yang kecil. Dua lukisan itu saya selesaikan selama 1-2 jam. Karena kalau melukis harus bergantung dengan mood biar hasilnya optimal. Jadi setiap lukisan akan selalu berbeda.” ujar istri politikus Bambang DH ini.

Baca Juga :  Delapan Tahun Berdiri, IWPI Gelar Pameran 'Sewindu Merajut Keindahan'

Dyah mengaku jika hobi melukis merupakan obat penghilang penat, karena sebagai tokoh politik sebagian besar waktunya untuk menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. “Melukis selalu di tengah malam, saat tidak bisa tidur atau apa, langsung melukis saja. Pokoknya selalu malam ya, jarang siang karena banyak kegiatan,” tambahnya.

Meskipun melukis menjadi kegemarannya, ia mengakui jika masih belum aktif menghasilkan lukisan. Hal tersebut dikarenakan suasana hati (mood) yang ia miliki. Namun, semenjak tergabung bersama IWPI ia merasa memiliki motivasi yang lebih kuat dalam belajar. “Tetapi sekarang setelah tergabung dengan IWPI, motivasi semakin terbangun untuk selalu belajar melukis.” pungkas wanita yang selalu energik ini. (*)

Kataolog pameran lukisan Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI) Jawa Timur (Jatim) tahun 2022.

Reporter: Miranti Nadya | Editor:Widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini