IDEA 2021 : Apresiasi Bagi 15 Pemda dan Kepala Daerah Terinspiratif Melalui Dunia Digital

SURABAYA (Lenteratoday) – Lentera Today Media memberikan apresiasi pada 15 Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kepala Daerah yang mampu memberikan inspirasi pada masyarakat melalui menganugrahkan ‘IDEA 2021 (Innovation & Digital Enthusiast Award)’. Penganugrahan dalam bidang digital tersebut dilaksanakan di Dyandra Convention Center Surabaya, Minggu (5/12/2021) malam.

Di antara yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut yaitu Wakil Wali Kota Surabaya Armuji kategori Wakil Wali Kota Terdigital; Wakil Bupati Jombang Sumrambah kategori Wakil Bupati Terdigital; Bupati Lumajang Thoriqul Haq kategori Bupati Terdigital; kemudian, Kota Surabaya kategori Pemerintah Daerah Terdigital.

Selanjutnya adalah Wakil Bupati Blitar Rahmat  Santoso kategori Tokoh Inspirasi Perubahan Bidang Ekonomi; Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil kategori Kepala Daerah Teresponsif dalam Penanganan Pandemi Covid-19; Kabupaten Pasuruan kategori Pemerintah Daerah Terinovatif dalam Penanganan Pandemi Covid-19; Kabupaten Nganjuk kategori Inspirasi Perubahan bidang Inovasi Digital Pelayanan Public.

Kemudian, Pemkab Lamongan kategori Inspirasi Perubahan bidang Literasi Digital; Pemkab Jember kategori Inspirasi Perubahan bidang Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan; Pemkot Batu untuk kategori Inspirasi Perubahan bidang Digitalisasi Desa; serta Pemkot Malang kategori Inspirasi Perubahan bidang Teknologi dan Komunikasi.

IDEA 2021 juga memberikan achievement pada tiga Gubernur sebagai pemimpin inspirasi perubahan. Ketiga Gubernur tersebut yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil.

Direktur Lentera Today Media, Tarmuji Talmacsi, mengungkapkan kebahagiaannya karena sebagai wadah anak-anak muda Lentera Media mendapat dukungan untuk mewujudkan mottonya yaitu ‘inspirasi Perubahan’.

“Terimakasih atas kehadiran semua pihak. Ini menjadi salah satu pencapaian besar kami. Mendapat dukungan berbagai pihak untuk menjadi Inspirasi Perubahan. Dengan perkembangan saat ini, peran teknologi digital sangat penting. Termasuk untuk keterbukaan informasi kepada rakyat hingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :  EPAPER Lentera Today 13022020

Sementara itu, Tim Ahli IDEA 2021, Suko Widodo mengatakan bahwa di masa mendatang, pelayanan yang transparan dan cepat dibutuhkan oleh masyarakat yang semakin digital. Untuk itu, dia menandaskan bahwa pemerintah daerah maupun pemimpin daerah secara individu harus bisa memanfaatkan berbagi kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan.

“Jadi IDEA 2021 merupakan wadah untuk mendorong semua pihak berlomba-lomba meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat demi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dunia yang semakin digital ini telah banyak membawa perubahan. “Semua orang menjadi banker, hari ini kita tidak pernah bayangkan kita bertemu dalam zoom, tahun lalu tidak pernah. Begitu masifnya digital, maka pikiran pikiran wakil wali kota Surabaya terdigitalisasi luar biasa.  Siapa yang tidak kenal Pak Armuji adalah penghobi sepeda, siapa yang tidak kenal Wakil Bupati Pasuruan, Wakil bupati Blitar orang Surabaya yang ditugaskan di Blitar,” katanya.

Menurutnya, konsistensi di dunia digital adalah dunia masa depan. “Semoga para pemenang itu benar-benar menghadirkan masa depan yang lebih baik. Semoga malam ini sesuatu yang diawali dari Surabaya itu menghasilkan karya besar untuk Indonesia,” tandasnya.

Dalam acara IDEA 2021 yang berlangsung dengan memastikan semua pihak mematuhi protokol kesehatan ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Jatim, Pemprov Jatim , Benny Sampirwanto mendukung penuh berbagai inovasi terkait digitalisasi.

“Dan IDEA 2021 ini menjadi bukti bila semua pihak, termasuk kami di pemerintahan terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman agar masyarakat semakin mendapatkan kemudahan dalam pelayanan maupun inovasi,” katanya. (*)

Reporter : Lutfiyu Handi

Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini