Inilah Cara Wawali Madiun Kenalkan Produk UMKM Lewat Media Sosial

Madiun – Wakil Walikota Madiun Inda Raya mempunyai cara unik untuk memperkenalkan produk UMKM Kota Madiun. Seaakan tak mau ketinggalan ‘ngehits’ dari generasi milenial, Inda Raya mencoba memanfaatkan keberadaan 7media sosial (medsos)

Terinspirasi dari Selebritis Instagram (Selebgram), perempuan kelahiran asli Kota Pendekar ini mempromosikan produk-produk UMKM, dengan cara mengunggah ke akun Facebook dan Instagramnya secara gratis.

“Kira-kira mungkin seperti itu ya, hehe,” ucapnya sembari tertawa saat ditanya mengenai inspirasi strategi promosinya melalui medsos, Sabtu (22/2/2020).

Melalui postingannya, diharapkan semua produk UMKM Kota Madiun jauh lebih dikenal masyarakat luas di dunia maya. Terlebih menurut pengakuan para pelaku UMKM sendiri, setelah dagangannya ia (Inda) posting, omset penjualannya berangsur-angsur meningkat.

“Kalau saya pribadi itu pengen UMKM jauh lebih dikenal. Dan ketika mereka datang ke saya dan menganggap saya bisa membantu mempromosikan produk mereka ya sudah, mereka biasanya kirim produk itu ke balaikota nanti saya memberikan sedikit review memposting foto diakun Instagram dan Facebook saya, dan mereka sendiri merasa bahwa setelah diposting ada pembelian yang meningkat,” ceritanya,

Wawali yang lekat disapa Inda ini menambahkan jika dirinya tidak hanya melayani endorse dari Kota Madiun saja, melainkan ia juga menerima tawaran endorse dari luar kota dengan pengecualian dikenakan biaya. Tetapi Inda menegaskan jika biaya tersebut tidak ia gunakan secara pribadi, namun hasil tersebut diserahkan kembali kepada pelaku UMKM Kota Madiun.

Baca Juga :  Disuruh Belajar di Rumah, Malah Nongkrong di Tempat Umum

“Nah ketika itu ada UMKM dari luar Kota Madiun memang serta merta akan kita tarik semacam fee (biaya), tapi fee itu pun kita berikan lagi ke teman-teman UMKM mungkin untuk keperluan menyewa tenda, atau mesin spiner pokok banyak lah keperluannya,” kata Indah.

“Atau mungkin terakhir kita salurkan lilin untuk Kabupaten Madiun yang kebanjiran. Jadi diputer di situ, tapi itu khusus untuk yang diluar Kota Madiun,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wawali tamatan pendidikan University of Wollongong Sydney Australia ini membeberkan saat ini pemkot tidak kurang-kurang mempromosikan semua produk-produk UMKM. Selain mempromosikan melalui jejaring Instagram dan Facebook, pemerintah juga telah menyediakan berbagai macam acara atau expo yang bisa menunjang pendapatan UMKM yang ada di Kota Madiun. (Sur)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini