Innalillahi, Seorang Jemaah Haji Asal Jombang Tutup Usia di Mekkah

JOMBANG (Lenteratoday) – Kabar duka datang dari tanah suci Mekkah, seorang jemaah haji bernama Dewi Aminah Solikin (86) asal Jombang, Jawa Timur dilaporkan meninggal dunia pada Minggu(16/6/2024) pukul 16.40 waktu setempat, akibat sakit yang dideritanya.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, Ilham Rohim membenarkan adanya kabar duka ini.

“Kami menerima kabar duka bahwa salah satu jamaah haji asal Jombang, almarhumah Dewi Aminah Solikin meninggal dunia di tanah suci Mekkah,” ujar Ilham, Selasa(18/6/2024).

Diungkapkannya Dewi Aminah Solikin adalah warga Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang tergabung dalam kloter 64, bersama jemaah dari Kota Mojokerto dan Kota Surabaya. Mereka berangkat gelombang kedua dan tiba di Arab Saudi pada 29 Mei 2024.

Menurut Ilham, almarhumah sempat mengeluhkan kondisi tubuhnya yang lemas dan sesak napas. Dewi Aminah dirawat selama empat hari di Rumah Sakit Al Noor Specialist Hospital, Mekkah, sebelum akhirnya meninggal.

Baca Juga :  Bupati Mundjidah Pimpinan Apel Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Dikatakannya sakit almarhumah berawal pada 12 Juni 2024, ketika ia merasa sangat lemas dan tidak mampu berdiri. Kondisinya memburuk, dengan gejala kaki bengkak dan kurang nafsu makan selama satu minggu terakhir. Pada malam itu juga, ia dirujuk ke rumah sakit setelah mendapatkan terapi infus.

Di rumah sakit, Dewi Aminah menjalani berbagai pemeriksaan medis termasuk Lab, CT Scan, Ro Thorax dan ECG. Dia didiagnosis mengalami pneumonia, pleura empiema dan hiponatremi.

Pada 14 Juni, kondisi jantungnya memburuk dan ia dipindahkan ke ruang ICU, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada 16 Juni 2024 pukul 15.40 waktu setempat.

Berdasarkan informasi yang diterima, ibadah haji Dewi Aminah Solikin telah dibadalkan. Ilham menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam dari Kemenag Jombang.

“Kami turut berdukacita atas wafatnya Dewi Aminah Solikin, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Semoga amal dan ibadah almarhumah diterima oleh Allah SWT,” tutur Ilham.

Reporter:Sutono/Editor:Ais

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini