Kadisdik Palangka Raya Minta Waspada Potensi Kebakaran di Gedung Sekolah

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Jayani, meminta setiap seklah untuk waspa adakan potensi kebakaran, terlebih lagi saat ini masuk musim kemarau. Salah satunya adalah dengan menempatkan penjaga sekolah serta meningkatkan pengawasan terhadap jaringan kelistrikan.

Peringatan tersebut menyikapi kebakaran yang melanda SDN 9 Langkai Palangka Raya, Jalan Nyai Balau, Langkai, Pahandut, Kota Palangkaraya, pada Sabtu malam (29/7/2023).

“Karena dengan adanya penjaga sekolah, bisa mengontrol dan meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian maupun gangguan lainnya, termasuk kebakaran, karena bisa cepat diketahui dan diatasi,” papar Jayani (30/7/2023).

Ia mengatakan, apalagi saat ini sedang musim kemarau, yang mana air lebih sulit didapatkan karena banyak selokan atau pangaringan yang kering.

Selain itu Jayani meminta pihak sekolah agar secara rutin melakukan pemeriksaan instalasi listrik, karena instalasi listrik pada dasarnya harus diganti setiap 10 tahun sekali dan dilakukan kontrol.
Sekolah harus mengganti instalasi listrik yang sudah lama apalagi rusak, stop kontak yang tidak standar atau berlebihan, dan permasalahan terkait listrik lainnya.

“Saat ini disetiap sekolah sudah menggunakan peralatan elektronik, karena itu para guru juga harus memperhatikan dan memastikan setiap peralatan elektronik dalam kondisi mati saat guru dan siswa meninggalkan sekolah,” tegasnya.

Baca Juga :  Gelar Reses di Kelurahan Langkai, DPRD Palangka Raya Dapil III Dilapori Jalan Rusak hingga Fasilitas Kesehatan

Sementara, terkait dengan kebakaran SDN 9 Langkai, Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Budi Santosa, melalui Kanit II SPKT, Aiptu Roedi Yhoeliantono, mengatakan pada peristiwa tersebut api cepat membesar karena masih banyak bangunan kelas yang terbuat dari kayu.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut diketahui api menghanguskan 4 ruangan kelas dari total 13 ruangan yang ada di sekolah tersebut, namun paling parah merupakan kelas 4 yang berada di ujung.

Keempat ruangan kelas tersebut yaitu ruang kelas kesenian, ruang kelas 4, ruang kelas agama Islam, dan ruang kelas agama Kristen.

Tim Polresta Palangka Raya juga mengamankan sejumlah barang bukti dari lokasi kebakaran yang terdiri dari meteran listrik, kabel listrik, dan arang sisa kebakaran pada SDN 9 Langkai.

“Dugaan sementara api disebabkan terjadinya korsleting listrik dari bagian atas ruangan kelas 4,” tutup Aiptu Roedi. (*)

Reporter : Novita | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini