Kalahkan Filipina 3-0, Timnas Indonesia Pimpin Klasmen Group A Piala AFF U-16 2024

SOLO (Lenteratoday) – Setelah Timnas Indonesia berhasil melibas Filipina 3-0 dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo pada, Senin(24/6/2024) malam WIB. Garuda Muda julukan Timnas Indonesia U-16 memimpin klasmen Group A, dengan raihan 6 poin.

Tiga gol Garuda Muda dicetak di babak kedua, oleh Evandra Florasta dan dua gol yang disumbangkan Mierza Firjatullah.

Kemenangan ini membuat skuad asuhan pelatih Nova Arianto tersebut memuncaki Grup A dengan raihan enam poin, unggul dari Laos di peringkat dua dengan poin yang sama. Namun, Indonesia unggul selisih gol.

Indonesia akan menghadapi Laos dalam laga terakhir, untuk memperebutkan tiket lolos ke semifinal Piala AFF U-16.

Menurut peraturan, hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-16 2024. Sementara itu, satu slot lain diisi satu runner-up terbaik.

Jalannya pertadingan, Timnas Indonesia U-16 mendominasi permainan sejak menit awal. Indonesia terus menggempur pertahanan Filipina dan memaksa mereka bermain bertahan

Tuan rumah beberapa kali bisa menembus pertahanan Filipina, tetapi upaya mereka termasuk tendangan dari luar kotak penalti belum membuahkan hasil.

Fadly Alberto memiliki peluang pada menit ke-16, tetapi sontekan kaki kanannya bisa ditangkap kiper Enrique Santino Sunico.

Bek tengah Indonesia Ida Bagus Cahya membuang peluang emas pada menit ke-21. Cahya terlambat menyontek bola sehingga hanya membuahkan tendangan gawang.

Tembakan Josh Holong Junior dari sudut sempit pada menit ke-25 diblok lawan, hanya menghasilkan sepak pojok.

Filipina sendiri bisa mendapatkan satu percobaan pada menit ke-28 lewat tendangan Jimm Leowell, tetapi arah bola masih melebar di sisi kanan gawang Indonesia.

Cahya mendapatkan peluang pada menit ke-30, tetapi sundulannya ditepis kiper Francisco dan menimbulkan kemelut. Sayangnya Indonesia gagal memanfaatkannya menjadi gol dan babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Indonesia melanjutkan tekanannya di babak kedua, pada menit ke-56 tendangan kaki kiri Evandra masih terlalu lemah sehingga ditangkap kiper Francisco.

Indonesia akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-65, melalui tembakan kaki kiri Evandra Florasta. Bermula dari tembakan Daniel Alfrido yang diblok lawan, bola rebound langsung disambar Evandra dengan kaki kiri hingga Indonesia unggul 1-0 Filipina.

Gol itu semakin memacu semangat Indonesia, untuk menggandakan keunggulan yang berhasil dilakukan pada menit ke-71.

Mochamad Mierza Firjatullah mengubah kedudukan menjadi 2-0, setelah mendapat umpan terobosan Fadly Alberto. Mierza menggiring bola hingga kotak penalti, kemudian menendang bola tanpa bisa dihalau kiper Filipina.

Mierza mencetak gol kedua dalam pertandingan ini yang membawa Indonesia unggul 3-0 di injury time atau menit ke-90+2. Mierza memanfaatkan bola rebound di dalam kotak penalti Filipina dengan sepakan kaki kiri.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan. Timnas Indonesia U-16 menang telak 3-0 atas Filipina di Piala AFFU-16 2024.

Baca Juga :  Filipina Impor 30 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Pada Juli 2021

Sumber: Antara/Editor: Ais

Kalahkan Filipina 3-0, Timnas Indonesia U-16 Pimpin Klasmen Group A Piala AFF U-16 2024

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini