Kapal Tenggelam di Taman Nasional Komodo, Ini Kondisi 15 Penumpangnya

SURABAYA (Lenteratoday) – Semua penumpang dan kru Kapal Pinisi KM Budi Utama yang tenggelam di perairan selatan Pulau Padar, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (22/6/2024), selamat dan telah dievakuasi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 Wita. “Kapal tenggelam diduga karena terseret arus dan tidak bisa dikendalikan di lokasi pertemuan arus,” katanya dikutip Antara, Sabtu (22/6/2024).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Emergency Response Team telah mengevakuasi 15 orang yang berada di kapal tersebut. Mereka dievakuasi ke Labuan bajo menggunakan KM Senada Phinisi.

“Berdasarkan manifest kapal, ada 15 penumpang yang terdiri atas 10 penumpang dan lima anak buah kapal (ABK),” kata Stephanus.

Baca Juga :  Kapal Tenggelam di Buton, 15 Orang Tewas, 33 Selamat

Kepala Pos SAR Manggarai Barat Edy Suryono mengatakan evakuasi berjalan dengan baik dan para penumpang kapal tiba di Labuan Bajo sekitar pukul 11.30 Wita.

Dia menandaskan bahwa para penumpang merupakan wisatawan dan tiga di antaranya merupakan wisatawan asing. “Terdapat dua korban wisatawan asing yang mengalami luka ringan dan telah dievakuasi ke RS Siloam Labuan Bajo untuk penanganan medis,” katanya di Pelabuhan Marina Waterfront City Labuan Bajo.

Ia menjelaskan terdapat sejumlah alat utama yang dikerahkan dalam evakuasi tersebut, di antaranya RIB 400 PK Labuan Bajo, Sea Rider KSOP 300 PK Labuan Bajo, Ditpolair KPC 12000 PK Polda NTT 1, Rapid Land Pos SAR Manggarai Barat, Palsar Air Lainnya dan Searider 85 PK Baharkam Mabes Polri. (*)

Sumber : CNNIndonesia | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini