Kapal Wisata Terbakar di Raja Ampat, Seluruh Wisatawan dan ABK Selamat

SURABAYA (Lenteratoday) -Kapal wisata Oceanik terbakar di perairan Alborek dan Pulau Manswar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya pada Jumat (1/3/2024).

Kapal itu mengangkut 10 wisatawan beberapa negera yakni Amerika, Spanyol,dan 5 orang pemandu turis serta 8 anak buah kapal (ABK). Semuanya dilaporkan selamat.

“Kami dapat informasi sekitar pukul 13. 28 WIT dari salah satu personil BMKG memginformasikan bahwa terjadi kecelakaan kapal wisata terbakar,” kata Amirudin AS saat ditemui di Kantor SAR Sorong, Jumat sore (1/3/2024).

Amirudin menjelaskan sesuai informasi dari nakhoda kapal, kebakaran itu berawal dari kamar mesin kapal. Untuk memastikan penyebab kebakaran akan dilidik oleh pihak berwajib.

“Hanya informasi awalnya yang kami terima sumber api berasal dari kamar mesin kapal,” ujar Kakansar.

Amirudin menambahkan, 23 penumpang sudah berhasil dievakuasi dengan perahu karet milik kapal wisata.

“Iya, korban dievakuasi dengan cepat karena di kapal pesiar memiliki alat keselamatannya sehingga pada waktu berlayar alat skocinya itu biasanya ditarik dari belakang dan tidak membutuhkan waktu untuk mengevakuasi korban,” ungkap Amirudin.

Saat ini kapal wisata Oceanik masih berada di perairan Alborek lokasi tempat wisata. Kondisi kapal habis terbakar mulai dari anjungan dek atas sampai ke kamar mesin.

“Sementara tim SAR bersama TNI AL dan Polairud, KPLP serta tim Kesehatan Pelabuhan masih berada di lokasi tempat kejadian,” ujarnya, dikutip Kompas.

Amirudin memastikan dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun 10 orang wisatawan akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis kesehatan pelabuhan (*)

Editor: Arifin BH

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini