Ketua PKK Kabupaten Kediri Ajak Kaum Perempuan Galakkan Gerakan Menanam Pohon

KEDIRI, (Lenteratoday)- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito memanfaatkan hujan yang mulai turun dengan mengajak kaum perempuan melakukan aksi tanam pohon. Terbatu, istri bupati itu dengan memimpin gerakan penghijauan di Sempadan Sungai Dermo, Desa Semanding, Kecamatan Pagu, Kamis (7/12/2023).

Gerakan penghijauan diikuti berbagai elemen baik dari dari pemerintah daerah, TP PKK Kabupaten, kecamatan dan desa, anggota Pramuka, serta warga di sekitar.

Mbak Cicha–sapaan akrab Eriani Annisa– menyebut, dampak dari pemanasan global sangat terasa beberapa bulan terakhir terutama penurunan curah hujan hingga menyebabkan kekeringan. “Salah satu solusi mengurangi pemanasan global ini melalui penghijauan lingkungan sekitar,” katanya.

Menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan penghijauan menjadi kewajiban bersama. Melalui gerakan penghijauan, selain menjadikan lingkungan teduh juga dapat menjaga ketersediaan air tanah.

Baca Juga :  Walikota Abu Bakar: Peran Ibu Luar Biasa, Bunda Fey: Perempuan Tak Ada Batasan Karir

Mbak Cicha mengungkapkan, gerakan penghijauan yang dilakukan bersama berbagai elemen itu untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), bulan menanam nasional, sekaligus menyambut hari ibu.

Gerakan penghijauan yang dilakukan, lanjut Mbak Cicha sengaja dipilih pada daerah sempadan dengan harapan dapat mengurangi erosi tanah di sekitar sungai saat musim penghujan. “Melalui momentum ini saya juga mengajak semua masyarakat terutama perempuan melakukan gerakan cinta menanam dan memelihara pohon,” ungkapnya.

Gerakan yang dilakukan diharapkan dapat menjadi percontohan bagi masyarakat luas untuk bersama menjaga dan merawat lingkungan sekitar tetap lestari. “Saya berharap dapat tercipta kesadaran dan komitmen bersama merawat dan melestarikan lingkungan hidup bagi (masa depan) generasi mendatang,” tandasnya.

Reporter: Gatot Sunarko/ Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini