Kirab Pemilu Jalur VII Tiba di Lamongan Disambut Antusiasme Masyarakat

LAMONGAN (Lenteratoday) – Kirab Pemilu 2024 Jalur VII yang diluncurkan dari Jayapura Papua pada 14 Februari 2023, kemudian ini diserahkan ke KPU Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, hingga akhirnya tiba di Lamongan, Jawa Timur, Selasa (12/9/2023).

Kirab digelar di sepanjang jalan Basuki Rahmat, tepat di depan kantor KPU Kabupaten Lamongan menuju Pendopo Lokatantra Lamongan. Kirab disambut antusias warga yang menyaksikan iring-iringan. Kirab Pemilu 2024 Jalur VII merupakan jalur terakhir yang diterima oleh KPU Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut menjadi penanda bahwa gelaran Pemilu 2024 sudah semakin dekat. Mengingat, 155 hari lagi menuju 14 Februari 2024. Anggota KPU Jatim, Miftahur Rozaq, mengatakan bahwa tahapan Pemilu sudah diluncurkan oleh KPU sejak 14 Juni 2022.

“Sampai saat ini kurang lebih 155 hari lagi pemungutan suara akan kita laksanakan bersama,” kata Rozaq saat memberikan sambutan pada seremoni serah terima.

Kirab digelar di 30 kabupaten/kota di Jawa Timur. Selain itu, Kirab diluncurkan melalui tujuh titik ini sudah berjalan mendekati titik finish. Tepatnya di Jakarta pada 25 November 2023 mendatang.

“Kirab memiliki makna mendalam dalam rangka menjalin silaturrahim kita semua. Mudah-mudahan tujuan dasar ini dapat menyatukan visi yang kita cita-citakan bersama,” harap pria kelahiran Madura tersebut.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengatakan bahwa pesta demokrasi sudah di depan mata. “155 hari lagi kita semua akan menjadi penentu keberhasilan pemilu,” terang Bupati yang akrab disapa Pak Yes tersebut.

Ia melanjutkan, bersama segenap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), pihaknya akan mendukung kerja KPU. Berkomitmen kuat untuk menyatukan kekuatan guna memastikan pemilu di Lamongan akan berjalan aman, damai dan lancar.

Perlu diketahui, iring-iringan kirab pemilu 2024 di Lamongan ini juga diikuti 70 kendaraan hias yang disiapkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se kabupaten Lamongan. Ada juga marching band dan tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang membawa bendera merah putih, pataka KPU, dan 18 bendera partai politik Peserta Pemilu 2024.

Selanjutnya, bendera tersebut akan dikirab di seluruh wilayah Lamongan selama enam hari hingga 17 September 2023. Dan akan diteruskan oleh KPU Kabupaten Bojonegoro mulai 18 September 2023.

Prosesi serah terima kirab digelar di Pendopo Lokatantra Lamongan berjalan dengan meriah. Dimulai pukul 11.00 hingga 14.30 WIB. Tampak para PPK dan PPS juga mempersembahkan berbagai tampilan kesenian, mulai dari seni tari, musik angklung hingga iringan sholawat.

Hadir dalam acara, rombongan KPU Sulawesi Selatan, KPU Kabupaten Bone, jajaran Forkorpimda Lamongan, serta perwakilan 18 partai politik peserta pemilu 2024 tingkat kabupaten Lamongan. (*)

Reporter : Lutfi/rls | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini