Komisi II DPR RI Pastikan Persiapan Pilkada Sidoarjo Berjalan Lancar

Sidoarjo – Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik di kabupaten Sidoarjo Rabu (19/2/2020). Kunjungan ini untuk memastikan setiap tahapan Pilkada akan berjalan dengan lancar, demokratis, dan transparan.

Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo ini diterima oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syifuddin, Forkopimda, Ketua KPUD Sidoarjo Mukhamad Iskak serta Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo menyampaikan, kunjungan kerja spesifik yang dilakukan di Kabupaten Sidoarjo ini untuk memastikan Pilkada yang akan digelar di kabupaten Sidoarjo akan berjalan lancar, demokratis, dan transparan.

“Kita ingin pastikan Pilkada yang akan digelar berjalan sesuai tahapan yang sudah ditentukan,” ungkap Arif.

Arif menambahkan, pihaknya ingin tahu tahapan-tahapan Pilkada seperti jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu perkembangan pelaksanaan Naskah Perjanjian Hibah Derah (NPHD) terkait anggaran pelaksanaan Pilkada.

Dirinya ingin mengetahui apakah NPHD anggaran Pilkada dari Pemerintah Daerah kepada KPUD sudah dilaksanakan apa belum, termasuk kesiapan Pemerintah Daerah terkait pengamanan jalannya Pilkada juga menjadi perhatiannya.

Baca Juga :  Pemkab Sidoarjo Kebut Pengerjaan Tiga Proyek Megah

“Intinya bahwa Komisi II DPR RI ingin memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak berjalan secara demokratis dan transparan tanpa ada gejolak,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin yang akrab dipanggil Cak Nur menjelaskan, masyarakat Sidoarjo yang sudah beberapa kali melewati Pilkada menurutnya sudah sangat dewasa dalam menyikapi dinamika politik. Hal ini terbukti beberapa kali pesta demokrasi yang digelar berjalan sukses. Bahkan riah riuh permasalahan yang terjadi diluar tidak merembet ke Sidoarjo.

“Kerjasama Forkopimda berjalan cukup baik sehingga setiap perhelatan politik di Sidoarjo relatif aman. Ditambah lagi masyarakat sudah sangat dewasa dalam berpolitik,”ungkap Nur Ahmad.

Masih lanjut Cak Nur, Terkait masalah anggaran Pilkada yang diberikan melalui NPHD kepada KPUD Sidoarjo lanjut Plt Bupati, Pemkab sudah memberikan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada senilai Rp. 75,9 Milyar. Anggaran pelaksanaan Pilkada kepada Bawaslu juga telah diberikan.

“Prinsipnya Pemkab Sidoarjo beserta Forkopimda lainnya sangat mensupport pelaksanaan Pilkada agar berjalan lancar,”papar Cak Nur. (pin)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini