Konsorsium PTV Jatim Siap Jembatani Pengembangan Inovasi Daerah

SURABAYA (Lenteratoday) – Ketua Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) Jatim, Prof. Amang Sudarsono, Ph.D mengatakan, Konsorsium PTV Jatim siap menjembatani pengembangan inovasi di daerah.

Hal ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2025-2026.

“Bidang ekonomi dan teknologi masih menjadi bidang strategis yang dapat dikembangkan menyusul masukan dari perwakilan unsur pemerintahan, dinas-dinas terkait, seperti Bappeda, Kadin, perwakilan Mitra DUDI, Media dan MKKS Jatim,” kata Amang dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) batch 2, Senin (12/2/2024).

Lelaki yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Teknologi PENS ini mengungkapkan, beberapa masalah yang menjadi tantangan seperti perkembangan ekonomi daerah, perkembangan industri, kualitas pengajaran, kurangnya keterlibatan industri serta keselarasan potensi daerah dan skill SDM lokal, juga perlu diperhatikan.

Sementara itu, Kadin Provinsi Jatim, yang diwakili oleh Dr. Nurul Indah Susanti, M.Si., Psikolog mengatakan, jika Jatim harus didongkrak dengan inovasi-inovasi kampus, dan dukungan banyak pihak.

Baca Juga :  Pemkot Malang Salurkan Beasiswa Pendidikan Jenjang SMA dan Perguruan Tinggi

“Di sinilah peran Kadin, sebagai penghubung kampus dengan mitra Perusahaan. Di luar itu, kami juga siap mengawal peningkatan supply dan demand SDM ketenagakerjaan di Jawa Timur,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Heru Susanto, MM, perwakilan dari BRIDA Provinsi Jatim menuturkan, bahwa kegiatan FGD ini menjadi awal pengembangan kerjasama dengan NGO seperti Perhimpunan Periset Indonesia. 

“Data potensi daerah yang telah diperoleh ke depan dapat memetakan inovasinya juga, sehingga pengembangan daerah bisa lebih pas,” ucapnya.

Pihaknya juga menuturkan, jika BRIDA telah berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Negeri melalui penanda tanganan MoU, sejak 10 tahun lalu. Beberapa hasil penelitian maupun inovasi juga telah dihasilkan, meski belum bisa menjangkau semua area.

Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat menyusul kelanjutan pelaksanaan program Penguatan Ekosistem Kemitraan di Jatim. 

Diketahui, lada kesempatan ini pula dilaksanakan penanda tanganan kesepakatan riset bersama 14 PTV di Jawa Timur.

Reporter: Amanah Nur Asiah (mg)/ Editor:widyawati


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini