Langkah Warga dan Karyawan Pabrik di Pasuruan Menyongsong Musim Hujan

Pasuruan – Puluhan warga dan karyawan pabrik bergotong-royong membersihkan aliran Sungai Wangi, Desa Kemirisewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Aksi bersih-bersih ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi datangnya musim penghujan.

Kondisi sungai yang tidak terlalu lebar dengan beban sungai seperti sampah organik maupun non organik dapat berpotensi menyebabkan banjir. Gerakan sosial ini sekaligus mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan.

Selain warga sekitar, dua pabrik yang berdiri di sekitar Sungai Wangi yakni PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi mengerahkan karyawannya membersihkan sungai dari sampah yang berserakan.

“Kami turut berpartisipasi dengan melibatkan karyawan pabrik PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi melakukan aksi bersih-bersih selama dua hari di Sungai Wangi. Posisi kedua pabrik kami ini berseberangan dengan aliran Sungai Wangi,” kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Menurut Harianus, pihaknya merasa perlu melakukan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di sekitar pabrik. Selain itu juga sebagai sarana untuk meningkatkan keakraban dengan warga sekitar.

Kegiatan tersebut dimulai dengan membersihkan area di depan tembok pabrik, dilanjutkan dengan pembersihan area Sungai Wangi sepanjang lebih dari 500 meter. Di area sungai, warga dan karyawan pabrik mengangkat sampah-sampah yang tersangkut dan berpotensi menghambat aliran sungai.

“Kami warga Dusun Keceling sangat mendukung dan mengapresiasi dari perusahaan khususnya PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi. Karena untuk membersihkan aliran sungai dampaknya sangat positif sehingga menghindari banjir karena aliran sungai lancar. Kami berharap perusahaan-perusahaan lain juga melakukan hal yang sama,” kata Hidayatulloh, Kepala Dusun Keceling, Desa Kemirisewu. (oen)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini