Malala dan Greta Thunberg Ketemu di Unversitas Oxford

Surabaya – Aktivis perubahan iklim, Greta Thunberg, 17 tahun, pada Selasa, 25 Februari 2020, kopi darat dengan Malala Yousafzai, 22 tahun, peraih Nobel bidang perdamaian 2014. Pertemuan keduanya diabadikan lewat sebuah foto yang diunggah ke media sosial.

Dikutip dari lama TEMPO.CO, diketahui Malala saat ini sedang berkuliah di Universitas Oxford, Inggris. Sedangkan Thunberg tengah berada di Inggris untuk berpartisipasi mengikuti sebuah aksi mogok sekolah pada Jumat, 21 Februari 2020 di Bristol, Inggris.

“Thankyou, #gretathunberg,” tulis Malala dalam unggahan fotonya bersama Thunberg, dimana keduanya duduk di sebuah bangku taman dan berangkulan.

Kedua perempuan ini punya persamaan, yakni sama-sama menjadi sorotan dunia ketika tampil ke muka untuk menghadapi masalah global, yakni perubahan iklim dan edukasi bagi perempuan.

Nama Thunberg menjadi terkenal beberapa waktu lalu, setelah membolos sekolah setiap Jumat dan berdiri di muka gedung parlemen sebagai bentuk protes melawan perubahan iklim. Sedangkan Malala, ditembak bagian kepalanya oleh Taliban di Pakistan karena meminta perempuan tetap diperbolehkan bersekolah.

Baca Juga :  Inggris Bakal Batasi Pelajar Asing, Ada Apa?

Pada 2014, Malala menjadi peraih Nobel bidang perdamaian termuda atas jasanya membela hak anak-anak perempuan mendapat pendidikan. Dia telah menjadi simbol pertahanan perempuan melawan penindasan. Sedangkan Thunberg dinominasikan mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada 2019-2020.

Thunberg dan Malala bertemu di Margaret Hall di Universitas Oxford. Dalam pertemuan keduanya itu mengobrolkan aktivitas masing-masing. Selain Malala, foto pertemuan itu juga diunggah oleh mahasiswa S2 di Oxford, Alan Rusbridger, yang mengaku bangga bisa menjamu Thunberg dan melakukan diskusi dengan mahasiswa lain. (har/ins)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini