Menaker : BLK Komunitas Tingkatkan daya Saing Santri

BLITAR (Lenteratoday) – Kini, lulusan pesantren khususnya pesantren salafi bisa memiliki kompetensi agar mampu bersaing dengan dunia kerja di luar. Salah satu penunjangnya adalah Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di lingkungan pesantren.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyampaikan bahwa memang BLK Komunitas di lingkungan pesantren merupakan solusi bagi lulusan pesantren untuk dapat meningkatkan kompetensi mereka.

“Alasan pendirian BLK Komunitas di pesantren karena lulusan pesantren masih sering dibanding-bandingkan dengan lulusan sekolah umum lainnya,” ujar Menaker Ida, Sabtu (23/9/2023).

Ia mengatakan dengan adanya BLK Komunitas di lingkungan pesantren ini diharapkan para lulusannya dapat bersaing dengan lulusan pendidikan umum.

Saat meresmikan BLK Komunitas di Pondok Pesantren Salafiyah Annahdliyah Maftahul Uluum, Blitar, Jawa Timur, Ida Fauziyah menilai masyarakat Indonesia sudah tepat dalam menempatkan anak-anaknya untuk dididik di pesantren, di mana salah satu aspek yang ditekankan dalam pendidikan pesantren adalah penguatan soft skill.

Baca Juga :  Hakim Tolak Eksepsi Gubernur dan DLH Jatim, Sidang Gugatan Greenfields Dilanjutkan

Oleh karena itu, menurut dia, untuk memaksimalkan potensi yang sudah ada di pesantren tersebut, akan menjadi lebih baik jika lulusan pesantren juga diperkuat pada aspek hard skill-nya. “Saat ini pemerintah juga terus menggenjot hard skill untuk membekali lulusan pesantren dengan kompetensi,” katanya.

BLK Komunitas di Ponpes Maftahul Uluum adalah salah satu BLK Komunitas yang didirikan pada 2022. BLK Komunitas ini memiliki program kejuruan teknik informatika. Usai meresmikan BLK Komunitas di Ponpes Maftahul Uluum, Menaker Ida Fauziyah juga mengunjungi BLK Komunitas Pertakina yang telah berdiri pada 2021.

BLK Komunitas Pertakina memiliki kejuruan bahasa, yang selama ini menggelar program pelatihan Junior Administrative Assistant, Bahasa Jepang untuk Calon Pekerja Migran Indonesia, dan bahasa dan budaya Jepang N4. (*)

Sumber : Antara | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini