PAN Serahkan Rekomendasi Pada Empat Bacakada Pilkada 2024 di Jatim

SURABAYA (Lenteratoday) – DPP Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan rekomendasi pada empat bakal calon kepala daerah (Bacakada) untuk bertarung di Pilkada 2024 Jatim. Keempat calon kepala daerah tersebut diundang ke kantor DPW PAN Jatim untuk menerima rekomendasi tersebut.

Keempat Bacakada tersebut adalah r. Hj. Anna Muawanah, M.H yang Bupati Bojonegoro periode 2018-2023. Kemudian, Aditya Halindra Faridzky, S.E, Bupati Tuban 2021-2024, dan Hj. Ika Puspitasari, S.E, Walikota Mojokerto periode 2018-2023. Achmad Fauzi Wongsojudo Bupati Sumenep yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep.

Tiga bakal calon kepala daerah (bacakada) yaitu Anna Muawanah, Aditya Halindra Faridzky, dan Ika Puspitasari diundang ke Rumah PAN Jatim, Jalan Darmokali, Surabaya, Selasa (18/6/2024). Sedangkan Achmad Faiuzi diundang ke Rumah PAN Rabu (19/6/2024). Kehadiran mereka untuk menerima surat rekomendasi dari DPP PAN untuk bertarung di Pilkada 2024.

Untuk Sumenep, Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadiq menyerahkan rekomendasi kepada Ketua DPD PAN Sumenep Faisal Muhlis dan selanjutnya diteruskan kepada Fauzi di Kantor DPW PAN Jawa Timur di Surabaya.

Rizki Sadig mengungkapkan, Anna Muawanah, Aditya Halindra, dan Ika Puspitasari, adalah tiga bacakada di Jawa Timur yang menjadi kloter pertama memperoleh rekomendasi dari DPP PAN. Setelahnya akan ada sepuluh bacakada kabupaten/kota yang segera diberi surat penugasan.

“Kenapa kami undang terpisah, karena ini sifatnya masih surat rekomendasi atau surat tugas untuk cakada, belum punya wakil. Kami berharap dengan surat tugas ini kami mendapatkan feedback cepat,” lanjutnya.

Baca Juga :  51 Pendaftar PPK Bakal Dieliminasi

Sementara, Fauzi mengungkapkan bahwa rekomendasi tersebut merupakan amanah besar yang harus dijalankan. “Ini rekomendasi tahap pertama bagi kami menjelang Pilkada Sumenep 2024. Terima kasih kepada DPP PAN atas kepercayaannya kepada kami,” kata Fauzi di Surabaya.

Fauzi yang masih menjabat sebagai Bupati Sumenep itu menjelaskan akan secepatnya melakukan langkah-langkah taktis dan strategis guna menindaklanjuti rekomendasi tersebut. Hingga saat ini komunikasi politik dengan pimpinan sejumlah partai politik di Sumenep terus dilakukan.

“Rekomendasi dari PAN membuat kami lebih mantap dalam melangkah. Untuk penentuan bakal calon wakil bupati (bacawabup) akan diserahkan pada keputusan partai politik,” ujarnya, menambahkan.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua DPD PAN Sumenep Faisal Muhlis menerima rekomendasi sebagai bacawabup setempat periode 2024-2029 dari Tim Pilkada DPP PAN. Sesuai hasil Pemilu 2024, PDI Perjuangan Sumenep memperoleh 11 kursi di DPRD setempat dan PAN sebanyak 5 kursi.

Di Sumenep, hanya dua parpol yang bisa mengusung kandidat pilkada secara mandiri atau tanpa koalisi, yakni PDI Perjuangan dengan 11 kursi di DPRD dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 10 kursi.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilkada Sumenep yang ditetapkan KPU RI, pendaftaran pasangan calon dari partai politik pada 27-29 Agustus. Sementara hari “H” pilkada pada 27 November. (*)

Sumber : Antara, Beritajatim | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini