Panen Perdana di Lahan Demoplot, Walikota Madiun Dorong Petani Tanam Berbagai Jenis Tanaman

Madiun – Walikota Madiun bersama Jajaran Forkopimda melakukan panen perdana secara simbolis di lahan demoplot.  Selain dihadiri oleh Kelompok Tani ‘Tani Dadi Makmur’ Kelurahan Winongo, telihat juga Rindu Sianipar, Anggota DPR RI Komisi IV turut serta dalam acara tersebut.

Acara dilakukan dengan cara melakukan panen secara simbolis oleh Walikota, Wakil Walikota dan Forkopimda. Setelah itu dilanjutkan menggiling padi yang telah dipanen tersebut.Sebagai upaya meningkatkan imun Walikota Madiun juga melakukan pembagian  sayur 2 Ton kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Maidi memaparkan bahwa dirinya telah menyampaikan kepada kelompok tani untuk menanam selain padi, namun kelompok tani memiliki kekhawatiran pada harga yang tidak stabil. “Kita punya ± 1000 hektar, tapi kecenderungan petani 90% menanam padi. Kelompok tani tidak tertarik palawija dan semacamnya karena tidak ada jaminan jika sewaktu-waktu terjadi turun harga. Padahal kebutuhan Kota Madiun luarbiasa,” jelas Maidi saat pelaksanaan Panen Raya, Rabu(29/07/2020).

Maidi berharap, jika semua petani melakukan penanaman banyak jenis tanaman, kebutuhan Kota Madiun akan tercukupi tanpa harus tergantung pada kota lain. Kota Madiun yang notabene kota pecel, namun sampai saat ini bahan pokok pecel seperti cabe, sayur, kacang diambil dari luar kota.

Baca Juga :  Serahkan CSR, Bulog Cabang Madiun Berharap Dapat Stabilkan Harga Pangan

“Pernah saya minta ke petani utk tanam cabe, sayur dan kacang namun mereka kuatir dengan harganya. Saya jawab, pakai asuransi bisa,” jelasnya.

Maidi menilai, bahwa hasil panen perdana saat ini padinya sudah bagus. Namun dirasa masih kurang untuk memenuhi kebutuhan internal Kota Madiun. Hal tersebut akan diatasi dengan cara bekerjasama dengan Petrokimia Gresik untuk  mengadakan pembinaan, alat-alat pertanian yang gratis dan pupuk subsidi.

“Sehingga tidak hanya satu produk pertanian, tapi karena kebutuhan Kota Madiun yang beraneka ragam paling tidak harus bisa mencukupi kebutuhan Kota Madiun itu sendiri,” pungkas Maidi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Rindu Sianipar mengatakan bahwa gerakan menanam tanaman pangan sebagai hal utama.”Selain menanam padi, dalam kondisi sekarang ini menanam apa saja yang penting bisa dikonsumsi.  Jangan ada satu jengkal tanah yg tidak ditanami,” pungkasnya.(adv)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini