PCU Kembali Raih Gelar PTS Terbaik di Jawa Timur

SURABAYA (Lenteratoday) – Petra Christian University (PCU) kembali mendapatkan pengakuan sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (QS WUR) 2025.

Rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito., M.Eng., mengungkapkan rasa bahagianya atas pencapaian internasional ini. Pasalnya, perangkingan tersebut menjadikan PCU sebagai PTS swasta terbaik di Jawa Timur dan nomor 20 se-Indonesia.

“Puji Syukur kepada Tuhan, PCU kembali mendapatkan predikat PTS nomor 1 di Jawa Timur. Dua tahun berturut-turut kami mendapatkan prestasi ini. Artinya kami mampu mempertahankan prestasi ini dengan peringkat 1.401+. Ini semua merupakan buah kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi dari seluruh sivitas,” kata Prof. Djwantoro, Sabtu (22/6/2024).

Sementara itu, Ranking Manager-Task Force Chandra Pratama Setiawan., M.Sc., mengatakan, ada sembilan indikator yang menjadi kriteria dalam penilaian QS WUR 2025. 

Baca Juga :  Hari TBC Sedunia, Ini Langkah Pemporov Jatim Dukung Eliminasi TBC 2030

Sembilan kriteria itu di antaranya Academic Reputation, Citations per Faculty, Employer Reputation, Employment Outcomes, Faculty Student Ratio, International Faculty, International Research Network, International Students, dan Sustainability.

“Unsur yang membedakan dalam pemeringkatan tahun 2025 ini adalah adanya tambahan indikator Sustainability. Tahun ini, PCU telah mendapatkan poin pada indikator tersebut dibanding tahun sebelumnya,” tuturnya.

Ke depan, pihaknya akanterus melakukan berbagai inovasi pembelajaran, agar lulusannya mampu menjawab tantangan masa depan. “Karena posisi tersebut semakin meningkatkan kredibilitas PCU menjadi perguruan tinggi kelas dunia,” tukasnya.

Diketahui, berdasarkan informasi resminya yang sudah di launching awal Juni ini melalui laman https://www.topuniversities.com/world-university-rankings, tercatat pemeringkatan tahun 2025 merupakan pemeringkatan yang terbesar. Ada 1.503 institusi yang berasal dari 106 negara termasuk 26 kampus Indonesia. (*)

Reporter: Amanah  | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini