Pemdes Sedatigede Sulap Kali Cilik Jadi Lebih Cantik dan Membawa Manfaat Bagi Warga

SIDOARJO (Lenteratoday) – Sesuai namanya, Kali Cilik Sedatigede memang cilik atau kecil.  Namun jangan disangka kalau sungai itu kotor dan berbau, akan tetapi ada sungai itu bersih dan indah.

Pemdes Sedatigede Kecamatan Sedati bersama warganya memoles sungai itu menjadi tempat yang indah dan nyaman. Lampu-lampu hias membentang diatas Kali Cilik Sedatigede. Pinggiran sungai juga disediakan meja kursi bagi yang ingin menikmati keindahan sungai itu.

Kemudian, berbagai sentra UMKM ditempatkan di sekitar sungai. Maka, Kali Cilik Sedatigede dapat dijadikan jujugan berkuliner, sebab terdapat puluhan stand makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah. Harganyapun murah meriah, pas di kantong.

Mengoptimalkan keberadaan Kali Cilik Sedatigede memang sengaja dilakukan Pemdes setempat. Mereka ingin keberadaan sungai itu membawa manfaat bagi warganya. Melalui Program Sido Resik atau Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali 2023 tahun ini harapan itu terwujud

Tidak hanya menjaga sungai Kali Cilik Sedatigede bersih dari sampah, namun juga menumbuhkan perekonomian warga Desa Sedatigede. Banyak warga yang membuka usaha di sekitar sungai Kali Cilik Sedatigede semenjak dipercantik. Maka, bisa jadi Wisata Kali Cilik kini menjadi harapan warga untuk menambah perekonomian keluarga.

Baca Juga :  Inilah Program Seratus Hari Gus Muhdlor - Subandi

Penggagas Program Sido Resik Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Sa’adah Ahmad Muhdlor bangga akan gotong royong warga yang menjadikan Sungai Kali Cilik Sedatigede bermanfaat bagi warga sekitarnya.

Ia mengatakan keberadaan sungai kecil seperti akan terabaikan tanpa sentuhan warga. Oleh karenanya ia anggap warga Sedatigede sangat luar biasa bisa memaksimalkan keberadaan sungai yang dimilikinya. Meski kecil dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga sekitarnya.

“Yang luar biasa dari Sedatigede ini adalah bagaimana mereka bisa memaksimalkan sungai yang tidak begitu luas ini tapi setiap spotnya dijadikan spot-spot foto yang menarik dan banyak kuliner-kuliner lokal berbagai variasi menu yang dapat memanjakan lidah para wisatawan,” ucap Ning Sasha sapaan akrab istri Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor itu saat melakukan kunjungan ke-enam untuk penilaian lomba Sido Resik 2023, Rabu, (6/12/2023).

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini