Pemkot Malang Sidak Pelayanan Publik Pasca Cuti Bersama

MALANG (Lenteratoday) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta jajaran Inspektorat Kota Malang, melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) guna memastikan bahwa pelayanan publik tetap berjalan, seusai masa cuti bersama hari raya Idulfitri 1444 Hijriah.

“Tim kami bersama inspektorat keliling, untuk sidak di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Nanti hasilnya kami evaluasi, seperti apa laporannya untuk kehadiran,” ujar Kepala BKPSDM Kota Malang, Totok Kasianto, saat dikonfirmasi melalui sambungan selular, Rabu (26/4/2023).

Tak hanya memastikan bahwa pelayanan publik dapat berjalan dengan lancar. Menurut Totok, sidak tersebut juga bertujuan untuk memastikan kepatuhan ASN di lingkup Pemkot Malang dalam menjalankan tugasnya pasca cuti bersama.

Oleh karena itu, dalam keterangannya, Totok mengatakan, cuti bersama yang diberikan oleh pemerintah, tidak boleh dimanfaatkan oleh ASN untuk tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas.

“Sebelum hari raya, banyak ASN yang akan menambah cutinya, karena ada beberapa kepentingan misalnya karena keluarganya jauh. Karena aturannya, cuti bersama (bisa) dilanjutkan cuti tahunan, itu boleh. Asalkan tidak semua bersama-sama dan tidak mengganggu pelayanan publik,” tambahnya.

Baca Juga :  Pemkot Malang Upayakan Taman Bermain Anak-anak di Permukiman Padat Penduduk

Lebih lanjut, Totok juga memberikan penjelasan terkait adanya instruksi Presiden, Joko Widodo, yang memberikan kelonggaran bagi ASN untuk menunda masa cutinya agar tidak terjadi kepadatan arus balik. Totok mengaku bahwa hal tersebut akan diterima, selama ASN melayangkan permohonan cuti tambahan menggunakan cuti tahunannya.

“Nanti diberikan cuti tahunannya, lanjutan. Sesuai dengan kebutuhan. Ya misalnya ada situasi diimbau tidak tanggal 26 April 2023, bisa dilanjutkan cuti tahunannya. Masing-masing PNS punya cuti tahunan 12 hari. Mau diambil 2 hari 3 hari monggo, dipersilahkan,” paparnya.

Diakhir, Totok menuturkan, akan mengintruksikan kepada seluruh Kepala OPD untuk meninjau kehadiran para ASNnya, dengan harapan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

“Jadi ini masih evaluasi sidak di lapangan melihat teman-teman di lapangan. Harapannya memang agar masing-masing OPD tetap memberikan pelayanan, berjalan seperti biasa. Nanti kami mengimbau para Kepala OPD untuk mengawasi ASNnya,” tukas Totok. (*)

Reporter: Santi Wahyu | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini