Pemkot Palangka Raya Ingin Jadi Contoh Pendidikan Yang Merata

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei, di tahun 2021 ini tidak diperingati sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Hardiknas tidak diperingati sebagaimana biasanya tentu dikarenakan kondisi sekarang yang masih dalam masa pandemi Covid-19. Meskipun tidak ada upacara maupun bentuk ceremonial lainnya, anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj. Mukarramah berharap agar moment tersebut tetap dimanfaatkan untuk mengevaluasi serta memperbaiki bidang pendidikan sebagai perwujudan semangat Hardiknas

“Meskipun tidak diperingati dengan upacara maupun kegiatan lainnya, namun semangat Hardiknas bisa disalurkan dengan cara lain, seperti evaluasi terhadap pendidikan dan terus memperbaiki sistem pendidikan agar semakin maju dan berkembang,” papar Mukarramah, Senin (3/5/2021).

Mukarramah juga menyampaikan jika dalam bidang pendidikan masih banyak yang perlu dibenahi, diantaranya masih banyak sekolah di pinggiran yang kekurangan tenaga guru dan masih minimnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan sebagai fasilitas untuk belajar dan mengajar. Dalam meningkatkan sektor pendidikan, langkah bisa dimulai dengan pemerataan pendidikan yang berlaku baik di kota maupun pinggiran.

Baca Juga :  PTM Kembali Ditunda, Sistem Pembelajaran Daring Dibenahi Agar Maksimal

“Masih banyak sekolah di daerah pinggiran yang kekurangan tenaga pengajar, demikian juga dengan sarana dan prasarana pendidikannya yang masih sangat minim, hal ini menimbulkan kesenjangan dalam dunia pendidikan,” ungkap Mukarramah.

Mukarramah menambahkan jika seharusnya pendidikan bisa dirasakan secara merata baik untuk siswa yang tinggal di kota maupun yang tinggal di pinggiran. Berada di pinggiran bukan berarti mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih rendah dengan fasilitas yang tidak mendukung. Hal inilah yang ke depannya diupayakan untuk dibenahi oleh Pemkot Palangka Raya, bahkan menargetkan untuk bisa menjadi contoh bagi  kabupaten – kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

“Momentum Hardiknas di tahun 2021 ini juga menjadi pengingat bagi Pemkot untuk menyusun rencana dan melakukan perbaikan dalam bidang pendidikan untuk membuktikan bahwa pandemi tidak akan menyurutkan semangat belajar para siswa, bahkan Palangka Raya bertekad untuk menjadi contoh dalam pemerataan pendidikan,” pungkas Mukarramah.(nov)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini