Pemungutan Suara Ulang Sukses Terlaksana, Partisipasi Pemilih Meningkat

SURABAYA (Lenteratoday) – Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Surabaya masih berlangsung, tak terkecuali sejumlah TPS di Kecamatan Tandes, yakni TPS 6 Balongsari, TPS 12 Banjar Sugihan, dan TPS 2 Manukan.

Ketua PPS Banjar Sugihan, Muhammad Triyono saat ditemui di lokasi PSU menyampaikan bahwa jumlah partisipasi pemilih di TPS 12 pada PSU kali ini meningkat dibandingkan pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024).

“Jumlah DPT di TPS 12 ini berjumlah 279 DPT, yang hadir saat pemungutan suara sebelumnya berjumlah 181 orang, namun pada saat PSU ini berjumlah 197 orang,” terang Muhammad Triyono, Sabtu (24/02/2024).

Menurutnya, jumlah partisipasi masyarakat di Kota Surabaya pada PSU kali ini cukup tinggi dan kesadaran politik masyarakat cukup baik sehingga terjadi peningkatan jumlah pemilih, khususnya di tempatnya.

Pemilihan Suara Ulang di TPS 2 Manukan Surabaya

“Tidak ada kendala yang berarti baik dari penyelenggara maupun pemilih meskipun PSU dilaksanakan di hari Sabtu, yang bagi sebagian orang merupakan hari kerja,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua PPK Tandes, Akbar Prasetyo saat ditemui di Kecamatan Tandes menyatakan bahwasanya jumlah petugas KPPS di tiga lokasi PSU, jumlahnya lengkap dan tidak ada yang berhalangan hadir.

Ia juga menyampaikan bahwa koordinasi antar penyelenggara berjalan dengan baik sesuai masa kerja yang berlaku dari KPU.

“Masa kerja KPPS dan penyelenggara Pemilu sesuai jadwal adalah sebulan sehingga meskipun ada PSU kerja penyelenggara tetap maksimal. Untuk petugas KPPS sendiri, kontrak bertugas mereka hingga 25 Februari 2024 besok,” tutupnya.

Diketahui, hinggal pukul 22.08 WIB malam ini, baru TPS 6 Balongsari yang telah menyelesaikan PSU, pasalnya TPS tersebut hanya melakukan pemungutan suara pada Caleg DPRD tigkat II.

Reporter: Pradhita (mg)|Editor: Arifin BH

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini