Perhatian! Jutaan Akun Gmail Tak Aktif Bakal Dihapus Google di Desember

JAKARTA (Lenteratoday)-Google berencana menghapus jutaan akun Gmail yang lama tak aktif mulai Desember 2024. Akun yang masuk list adalah mereka yang sudah 2 tahun tak mengakses Gmail di internet sama sekali.

Aksi Google ini tentu bakal berimbas pada para pemilik akun. Mereka bakal tak bisa mengakses platform Google seperti email, Goofle Drive, Docs, Calendar Google Meet hingga Google Photos lagi.

Seluruh file termasuk catatan dan pengingat di dalam platform yang disebut di atas juga otomatis akan terhapus.

Namun jangan khawatir, pengguna akan menerima beberapa kali notifikasi jelang penghapusan massal pada Desember nanti. Harapannya adalah, orang-orang yang lupa punya akun Gmail akan login dan aktif kembali dengan alamat email tersebut.

Google berencana menghapus jutaan akun untuk mencegah para kriminal memanfaatkan alamat email yang tak aktif. Email ini dikhawatitkan dipakai untuk mengirim spam atau file berbahaya.

“(Untuk) melindungi pengguna dari ancaman keamanan, seperti spam, penipuan phishing, dan pembajakan akun,” kata VP Product Manager Google, Ruth Kricheli dikutip Daily Mail, Rabu (15/11/2023).

Akun lama kerap jadi sasaran empuk. Para kriminal memanfaatkan celah keamanan dari sisi kata sandi yang tak pernah berganti alias kedaluwarsa menurt analisis internal Google.

Baca Juga :  Google Uji Coba YouTube Dijadikan Fitur Jual Beli

“Akun-akun ini seringkali rentan, dan ketika sebuah akun disusupi, akun tersebut dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari pencurian identitas hingga vektor konten yang tidak diinginkan atau bahkan berbahaya, seperti spam,” tambah Kricheli.

Rencana pemusnahan ini pertama kali diumumkan pada bulan Mei lalu. Akun yang paling pertama dihapus adalah kategori akun yang dibuat dan kemudian tak pernah digunakan lagi.

Beberapa di antaranya misalnya seperti akun yang digunakan untuk mengakses uji coba gratis. Buat kamu yang merasa punya akun dan tak mau dihapus Google, jangan khawatir ya, cukup masuk setiap dua tahun sekali.

Kamu bisa aktif kembali dengan cara login email, menonton video YouTube, atau menggunakan pencarian Google sudah cukup untuk mencegah akun dihapus.

Jika kamu pernah menyimpan gambar di akun Google Foto, cobalah untuk masuk ke layanan itu secara terpisah untuk menghindari foto Anda terhapus secara permanen.Pengguna yang berlangganan aktif di layanan seperti publikasi berita atau aplikasi melalui akun Gmail, juga dipastikan aman.

Sumber: Daily Mail/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini