Perkuat Sinergitas dengan Media, Pemkab Pamekasan Gelar Seminar Jurnalis & Pembangunan Ekonomi

PAMEKASAN (Lenteratiday)- Peran media dalam pembangunan daerah diharapkan makin kuat. Tak sekadar fungsi kontrol, insan pers diharapkan memberikan pencerahan dan mencerdaskan masyarakat.

“Kebenaran informasi yang dihadirkan kepada publik tidak hanya berfungsi sebagai bidang kontrol, tetapi juga mencerahkan dan mencerdaskan,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan, Totok Hartono, saat membuka acara Seminar dan Media Gathering, Kamis (19/11/2020).

Hal tersebut digaungkan dalam Seminar dan Media Gathering di aula Green Spencer Hotel Kota Batu, Malang, Jawa Timur (Jatim) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan. Sebanyak 77 wartawan mengikuti kegiatan yang mengusung tema ‘Jurnalis dan Pembangunan Ekonomi’. Acara dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 19 hingga 21 November 2020.

Ditegaskan Sekda, kegiatan tersebut diharapkan melahirkan sinergitas antara Pemkab Pamekasan dengan insan pers, yang merupakan salah satu pilar demokrasi.

Pada kesempatan itu pula, Totok mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para insan pers dalam Seminar dan Media Gathering tersebut.

Sedangkan untuk acara inti, dihadiri dan diisi langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam pada Jumat (20/11/2020).

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, dalam seminar Jurnalis dan Pembangunan Ekonomi memaparkan tentang program prioritas pembangunan Pemkab Pamekasan Periode 2018-2023. “Bupati adalah jabatan saja, yang tugasnya untuk bekerja melayani,” katanya.

Baca Juga :  Minggu Ini, Pemprov Jatim Distribusikan 210 Ventilator ke Kabupaten/Kota yang Membutuhkan

Dalam masa 2 tahun 2 bulan sejak dilantik, Baddrut Tamam-Raja’e berkomitmen untuk bisa menarik dua gerbong ke arah pembangunan dan kemajuan.

Dua gerbong yang dimaksud ialah Gerbong Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melayani, serta Gerbong partisipasi masyarakat. “Pola kepemimpinan itu tidak boleh berjarak, karena yang berjarak itu susah untuk merakyat,” tegas Bupati Baddrut.

Terakhir, politisi PKB itu menegaskan kabupaten yang maju menerapkan pola Inovasi, Kecepatan dan Konsistensi. Namun, inovasi dalam bekerja serta kecepatan akan mandek dan semu manakala tidak konsisten. “Jadi, konsistensi itu penting dalam mewujudkan kabupaten maju,” tegasnya.

Perlu diketahui, Seminar dan Media Gathering diisi dengan tiga materi. Materi pertama oleh Eka Khadarpa Utama Dewayani membahasa ‘Arah Baru Pembangunan Ekonomi di Era Milenial’.

Untuk materi kedua diisi oleh Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz membahas ‘Peran Media Massa dan Media Sosial dalam Pembangunan Ekonomi dan Pariwisata’ dan dipandu oleh moderator Esa Arif AS.

Sedangkan untuk materi ketiga diisi oleh Mukti Ali, yang merupakan Pengusaha Transportasi Madura, membahas :Kondisi Objektif Geliat Ekonomi Pariwisata di Kabupaten Pamekasan’. Kegiatan ditutup dengan acara Outbound yang dipandu oleh instruktur, Eko. (ADV/Wan)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini