Pewarta Foto Surabaya Raih Photo of The Year APFI

SURABAYA (Lenteratoday) – Pewarta foto di Surabaya, Guslan Gumilang, berhasil meraih Photo of The Year APFI & Foto Tunggal Terbaik Kategori General News dalam ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023 di kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/5/2023).

Foto Guslan yang merupakan pewarta foto Jawa Pos ini berhasil menyisihkan 2.512 karya foto dari 300 wartawan di Indonesia yang masuk dalam seleksi APFI 2023. Dalam waktu 12 jam, dewan juri memilih 13 foto terbaik dari tujuh kategori.

APFI juga memberikan berbagai Anugerah dengan berbagai kategori. Para penerima anugrah diundang ke Surabaya untuk menerima trophy APFI. Ketua Umum PFI Nasional Reno Esnir menyampaikan selamat kepada para penerima Anugerah dan mengapresiasi pemerintah provinsi dan kota, PFI Surabaya, serta seluruh stakeholder yang telah mendukung gelaran APFI.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima Anugerah, semoga foto-foto ini dapat menjadi penyampai pesan bagi khalayak dan pemerintah jika ada hal-hal yang belum tuntas. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung APFI 2023, karena award ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan dari semua mitra dan stakeholder yang mendukung,” ucap Reno.

Sementara, Guslan Gumilang yang memotret secara dekat salah satu korban tragedi sepakbola stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur menerima angrah Photo of The Year APFI & Foto Tunggal Terbaik Kategori General News. Penghargaan PFI Kota diraih oleh PFI Surabaya (Best Management Award) dan PFI Solo (Best Performance Award).

PFI Kota Award diberikan kepada pengurus PFI Kota yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik dalam satu tahun terakhir. Ketua PFI Surabaya, Suryanto, berharap ajang APFI 2023 dapat memberikan khasanah baru bagi dunia fotojurnalistik di Indonesia.

“Mewakili PFI Surabaya, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PFI Nasional yang sudah memilih Surabaya sebagai tuan rumah APFI,” ujar Suryanto.

Baca Juga :  PFI Surabaya Siap Gelar APFI 2023

Ketua panitia APFI 2023, Miftahulhayat, mengucapkan syukur dan terima kasih karena gelaran awarding APFI 2022 berjalan sukses dan lancar.

“Terima kasih kepada Pemprov Jawa Timur, Pemkot Surabaya, PFI Surabaya, pengurus PFI Kota se-Indonesia, dan seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga larut pagi dalam mempersiapkan agenda kebanggaan wartawan foto tanah air ini,” ucap Miftah.

Foto-foto penerima Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) dapat dinikmati di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur mulai 12 hingga 18 Mei 2023. Selain itu, terdapat juga diskusi fotografi mengenai kisah dibalik foto para penerima Anugerah bersama dewan juri dan penerima anugerah. Berikut daftar penerima Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023.

Photo of The Year APFI & Foto Tunggal Terbaik Kategori General News
Guslan Gumilang – Jawa Pos
Judul foto: Korban Gas Air Mata

Foto Esai Terbaik Kategori General News
Abriansyah Liberto – Tribun Sumsel
Judul foto: Stunting

Foto Tunggal Terbaik Kategori Sport
Thoudy Badai – Republika
Judul foto: Moto GP Mandalika

Foto Esai Terbaik Kategori Sport
Agoes Rudianto – Freelance
Judul foto: Melompat Lebih Tinggi

Foto Tunggal Terbaik Kategori Art, Culture & Entertainment
Igoy El Fitra – ANTARA
Judul foto: Festival Galundi Singkarak

Foto Esai Terbaik Kategori Art, Culture & Entertainment
Tidak ada pemenang.

Foto Tunggal Terbaik Kategori Environment & Nature
Fachrul Reza – Freelance
Judul foto: Mencegah Tumpahan Minyak

Foto Esai Terbaik Kategori Environment & Nature
Muhammad Zaenuddin – Kata Data
Judul foto: Racun di Langit Marunda

Foto Tunggal Terbaik Kategori People in The News
Faizal Fanani – Liputan6.com
Judul foto: Rekonstruksi Kasus Kematian Joshua

Foto Esai Terbaik Kategori People in The News
Arief Priyono – Project Multatuli
Judul foto: Duka Bola dan Airmata Aremania

Reporter : Sahlan Kurniawan | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini