PFI Surabaya Siap Gelar APFI 2023

SURABAYA (Lenteratoday) – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Surabaya siap menjadi tuan rumah ajang penghargaan bagi karya foto jurnalistik dalam berbagai kategori yang digelar tahunan dengan tajuk “Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023 yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Surabaya.

“PFI Surabaya sudah mempersiapkan beberapa hal terkait kebutuhan untuk pelaksanaan APFI 2023 yang dijadwalkan Jumat, 12 Mei 2023 mendatang. Sudah lebih dari 80 persen persiapan telah kami lakukan,” kata Ketua PFI Surabaya Suryanto, dalam keterangannya, Senin (8/5/2023).

Suryanto menjelaskan, APFI merupakan ajang terbesar dan bergengsi bagi insan pewarta foto, setidaknya 80 karya foto yang terdiri dari foto tunggal, foto esai, serta berbagai foto peristiwa di Indonesia akan dihadirkan dalam gelaran tersebut.

“Ada enam kategori reguler dan satu kategori citizen journalist. Tiap kategori reguler ada foto tunggal dan foto esai. Karena itu akan hadir foto-foto yang memang cukup menarik dan sarat makna serta memenuhi syarat-syarat sesuai kaidah jurnalistik,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, akan ada pameran foto yang menampilkan karya para pemenang dan foto-foto Kota Surabaya.

Baca Juga :  Disperindag Surabaya Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Selama 2 Bulan Kedepan

“Pameran foto kali ini adalah bagian peran PFI sebagai organisasi pers di Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapabilitas pewarta foto Indonesia. Melalui APFI dan pameran foto tersebut, kami berharap masyarakat dapat melihat dan memetik hal positif dari berbagai peristiwa di Indonesia melalui karya-karya foto,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana APFI 2023 Robert Kumaniren menambahkan, dalam upaya menyukseskan APFI 2023 juga menggandeng banyak pihak diantaranya para mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) khususnya fotografi dari berbagai kampus di Kota Surabaya.

“Lebih dari 80 persen persiapan kami lakukan. Dan untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini kami mengajak mahasiswa khususnya yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa fotografi berbagai kampus di Surabaya. Mohon doa restunya,” ucap Robert.

Puncak APFI 2023, menurut Robert, akan dilaksanakan dan dipusatkan di Alun-alun Surabaya pada 12 Mei 2023 mulai pukul 15.00 WIB.

“Tepatnya di Balai Budaya. Kemudian setelah puncak pelaksanaan APFI 2023 akan ada juga diskusi foto dan pameran foto. Silahkan hadir,” tutur Robert. (*)

Reporter : Sahlan Kurniawan | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini