Presiden Joko Widodo Bagikan 2.020 Sertifikat

Gresik – Mengawali kunjungan pada tahun 2020 di Jawa Timur, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 2.020 sertifikat tanah untuk rakyat di wilayah Gerbangsusila (Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan). Penyerahan dilakukan di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Gresik, Senin (27/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo mengaku sangat senang mampu menyerahkan dan membagikan 2.020 sertifikat pada masyarakat. “Ada dari Bangkalan, Sidoarjo, Gresik, Surabaya, dan Lamongan,” kata Jokowi.

Jokowi menandaskan bahwa pada tahun 2015 ada 126 juta sertifikat tanah yang harusnya keluar. Sayangnya, kemampuan Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya mampu mengeluarkan 46 juta saja. Sehingga masih ada 80 juta yang belum bersertifikat dan otomatis belum dipegang warga. “Per tahun, BPN hanya bisa mengeluarkan 500 ribu sertifikat. Jadi butuh waktu 160 tahun baru dapat selesai. Siapa yang mau menunggu 160 tahun,” katanya.

Baca Juga :  Kota Surabaya Sabet Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2022

Melihat lamanya penyelesaian sertifikat ini, maka dia pun meminta pada Manteri ATR/BPN untuk mempercepat proses pengeluaran sertifikat tanah untuk rakyat. Bahkan, pada 2017 ada 5 juta sertifikat, kemudian naik menjadi 7 juta sertifikat pada tahun 2018 dan menjadi 9 juta sertifikat pada tahun 2019.  “Keluar sertifikat harus cepat dan masyarakat harus pegang. Saya bilang ke pak menteri, kalau tidak bisa maka saya copot. Ternyata target bisa diselesaikan dengan cepat,” ujarnya.

Jokowi menandaskan, selama ini yang paling sering didengar dari masyarakat adalah konflik tanah dan itu terjadi rata di semua wilayah di Indonesia. Karena itu, dia meminta agar penerbitan sertifikat capat tuntas. Terlebih lagi sertifikat tanah rakyat menjadi salah satu program unggulan Presiden Jokowi. (ufi/ist)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini